fbpx

Mengapa Indeks Saham Penting Dalam Berinvestasi

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Pengantar

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa suatu saham masuk ke dalam indeks tertentu? Indeks saham adalah salah satu faktor penting dalam dunia investasi saham. Artikel ini akan membahas pentingnya indeks saham dalam berinvestasi saham, mulai dari pengertian hingga manfaatnya, serta jenis-jenis indeks saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

Pengertian dan Manfaat

Ketika kita berinvestasi di saham seringkali kita melihat suatu saham masuk di indeks tertentu. Hal tersebut biasanya dilakukan agar kita tahu bahwa perusahaan tersebut memiliki fundamental yang bagus atau sesuai dengan yang kita cari. Indeks saham membantu kita dalam memberikan informasi penting yang membuat keputusan investasi kita lebih baik, jadi indeks saham tidak hanya memperlihatkan kondisi pasar keseluruhan atau sektor tertentu saja.

Kemudian saat memilih saham, kita tidak boleh hanya melihat sahamnya masuk ke indeks apa, tapi kita perlu perhatikan faktor lainnya juga, nah kira-kira faktor lain apa yang perlu kita perhatikan?

Indeks saham merupakan ukuran statistik yang memperlihatkan keseluruhan pergerakan harga atas saham-saham yang masuk indeks dengan menggunakan kriteria dan metodologi tertentu, dan dilakukan evaluasi berkala. Apa saja manfaat yang kita peroleh dari indeks saham ini? Manfaatnya untuk mengukur sentimen pasar, kira-kira seperti apa sentimen pasar saat ini dan seberapa pengaruhnya terhadap indeks saham tersebut. Kemudian kita juga bisa melihat atau mengukur sejauh mana kinerja portfolio kita dibandingkan dengan kinerja suatu indeks saham. Hal ini akan membantu kita, misalkan kinerja portfolio kita lebih buruk dari indeks saham, maka kita perlu melakukan evaluasi dan perbaikan portfolio kita agar kedepannya bisa lebih baik dari indeks saham tersebut.

Read More  Strategi Efektif SIDO untuk Pertumbuhan Bisnis Tahun 2023

 

Jenis-Jenis Indeks Saham BEI

Indeks saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) ada cukup banyak, dimana BEI terus menginovasi indeks saham tersebut, agar para investor bisa terbantu dalam mencari saham-saham yang mereka inginkan. BEI memiliki 44 indeks saham yang dapat membantu investor dalam mencari saham-saham yang sesuai dengan kebutuhan investor dan bisa di lihat di website. Kita akan coba bahas lima dari 44 indeks saham tersebut:

1. LQ45

Indeks ini sering digunakan para investor dalam memilih saham dengan fundamental yang bagus. Indeks ini mengukur kinerja harga 45 saham, dengan mempunyai likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar yang besar, dan mempunyai fundamental perusahaan yang bagus. Apa saja saham-saham yang masuk indeks LQ45 ini?

2. IDX High Dividend 20.

Buat yang suka cari dividen, ini juga sudah disediakan oleh bursa terkait indeks-nya, di mana Indeks ini mengukur kinerja harga 20 saham yang membagi dividen tunai dalam waktu 3 tahun terakhir dan mempunyai dividen yield tinggi.

3. IDXBUMN20.

Bagi yang tertarik berinvestasi di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kalian bisa cek indeks IDXBUMN20. Indeks ini mengukur kinerja harga 20 saham dari perusahaan BUMN, BUMD, serta afiliasinya.

4. Infobank15.

Saat ini 4 saham big bank juga sempat mencetak harga saham tertingginya karena memang membukukan kinerja secara tahunan yang bagus di tahun 2023 kemarin, seperti BBCA, BBRI, BMRI, dan BBNI. Indeks Infobank15 ini merupakan indeks yang mengukur kinerja harga 15 saham perbankan, dengan fundamental baik, dan likuiditas perdagangannya tinggi. Jadi kalian bisa mencari saham-saham perbankan selain 4 big bank tersebut disini. Indeks ini diluncurkan dan dikelola melalui kerja sama perusahaan media PT Info Artha Pratama.

Read More  HARGA EMAS MELEMAH KARENA DOLAR AS MENGUAT

5. Kompas100.

Indeks ini juga sering kita dengar, di mana indeks Kompas100 ini mengukur kinerja harga 100 saham yang mempunyai kapitalisasi pasar besar dan likuiditas baik. Indeks ini diluncurkan dan dikelola melalui kerja sama perusahaan media Kompas Gramedia Group.

Kemudian jika kalian ingin mencari saham yang masuk kategori syariah, bisa melihat indeks ISSI atau Indeks Saham Syariah Indonesia, yang isinya ada 597 saham saat ini. Indeks ini mengukur kinerja harga seluruh saham papan utama dan pengembangan, sebagai saham syariah sesuai Daftar Efek Syariah dan telah ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan.

 

Penting Untuk Diketahui

Dengan indeks saham tersebut akan memudahkan kita sebagai seorang investor dalam memilih suatu saham sesuai kriterianya. Namun perlu kita ketahui bahwa dalam membeli suatu saham kita tidak boleh hanya berdasarkan suatu saham masuk ke indeks tertentu, tetapi harus kita analisis secara mendalam terlebih dahulu. Kita bisa cek bisnisnya seperti apa, neracanya sehat tidak, kinerja operasional bertumbuh tidak, prospek bisnisnya bagus atau tidak, valuasinya apakah murah, dan lain sebagainya. Karena terkadang ada perusahaan yang masuk suatu indeks tapi punya kinerja yang kurang bagus, ini adalah hal yang harus kita cermati. Supaya ketika kita analisis secara mendalam, maka keyakinan kita dalam memilih saham tersebut akan tinggi, karena sudah paham seperti apa skenarionya.

 

Kesimpulan

Dengan adanya Indeks saham akan memudahkan kita dalam mencari saham-saham yang sesuai kriteria kita sebelumnya, namun pastikan untuk tetap analisis secara mendalam, agar kita benar-benar memperoleh perusahaan yang berfundamental bagus dan keyakinan kita dalam memilih saham tersebut tinggi.

Jika Anda tertarik mempelajari lebih lanjut tentang investasi saham, kami mengundang Anda untuk bergabung dalam program Value Investing Mastery kami. Klik gambar di bawah ini untuk info selanjutnya dan raih keuntungan maksimal dari pasar saham.

Read More  Analisis Saham SIG/SMGR: Survive Saat Krisis, Berpotensi Jadi Bagger