fbpx

Tips Dan Strategi Investasi Mendapatkan 1 Miliar Pertama

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Pengantar

Kami akan melanjutkan membahas mengenai pensiun di saham 2024, di mana dalam pembahasan tersebut kami menyebutkan untuk pensiun di saham dibutuhkan dana kelolaan minimal 1 miliar pertama kemudian naik 2 miliar. Pada artikel kali ini kami akan merilis tips bagaimana cara mendapatkan 1 miliar pertama. Sebelum membaca tulisan ini sebaiknya teman-teman Investor membaca artikel mengenai pensiun di saham atau bisa tonton video di channel youtube The Investor tanggal 5 Januari 2024.

Mengukur Target Investasi Jangka Panjang

Ketika kita berbicara mengenai investasi jangka panjang maka target yang kita ingin capai tidak bisa terlalu tinggi. Kami sendiri menargetkan kenaikan atau yield portfolio +10% IHSG. Dengan kinerja IHSG +10% dengan konsisten jangka panjang maka mampu memberikan return yang sangat baik, dalam waktu sekitar 14 tahun maka return yang kita dapatkan sekitar 901%. Pertanyaan berikutnya, bagaimana cara kita dapat 1 miliar pertama dengan yield IHSG +10%.

 

Strategi Menabung dan Investasi Dana

Kita ambilkan contoh pertama yaitu ketika kita menabung 1 juta per bulan secara konsisten maka hitungannya dalam satu tahun, kita bisa mengumpulkan dana 12 juta dalam satu tahun. kita anggap 12 juta tersebut sebagai dana investasi awal kita. Pada kolom berikutnya ada return IHSG dan sebelah kanannya return IHSG +10%. Pada tahun 2007 ketika return dari 12 juta tersebut jika IHSG +10% maka sebanyak 19,5 juta. Lalu kapan menjadi satu miliar pertama? maka jawabannya adalah di tahun 2023 atau setelah 17 tahun konsisten memiliki return 10% dengan nabung saham 1 juta perbulan. Dapat dikatakan dengan total modal yang kita tabung sebanyak 204 juta menjadi 1,2 miliar dalam jangka waktu 17 tahun dengan yield IHSG +10%.

Jika kita menambah jumlah tabungan kita selama satu bulan, misalkan 5 juta perbulan maka dalam satu tahun kita bisa mendapatkan dana 60 Juta. Dengan return yang sama dengan IHSG maka dibutuhkan waktu kurang lebih 13 tahun untuk mencapai 1,1 miliar. Jika return kita IHSG +10% maka dalam jangka waktu yang sama 13 tahun tabungan kita dari 780 juta menjadi 2,3 miliar. Artinya ketika kita nabung 5 juta setiap bulan dan return yang bisa kita dapatkan IHSG +10% maka dibutuhkan waktu yang cepat dibandingkan return investasi kita sama dengan IHSG.

Ketika kita menabung 5 juta perbulan dengan return IHSG +10% maka kita memerlukan waktu 9 tahun saja untuk mendapatkan 1 miliar pertama dengan total modal 540 juta.

Ketika kami menerapkan kaidah value investing, kami bersyukur karena kinerja portfolio kami jauh lebih tinggi dibandingkan IHSG+10%, di mana 3 tahun terakhir tahun 2021 return portfolio kami naik 34,65% artinya IHSG +24,57%. Kemudian pada tahun 2022 return portfolio kami sebesar 24,80% atau IHSG +20,72% dan di tahun 2023 lalu return portfolio kami naik 30,34% atau IHSG +24,18%. Secara compounding return portfolio kami mencapai 100%.

 

Kesimpulan

            Uraian di atas tentang simulasi atau tips untuk kita ketika konsisten menabung dengan target mendapatkan 1 miliar pertama dari nabung 1 juta perbulan hingga 5 juta perbulan. Ketika kita menabung 5 juta perbulan maka waktu yang kita butuhkan untuk mendapatkan 1 miliar pertama lebih cepat. Dengan menabung secara rutin dan menerapkan prinsip-prinsip value investing, Anda bisa mencapai target 1 miliar pertama dalam jangka waktu yang realistis.

Bagi Anda yang ingin mengalahkan market dengan return IHSG+10%, bisa bergabung dengan program Value Investing Mastery kami. Program tersebut akan mempelajari cara analisa saham dengan baik dan benar serta sharing pengalaman bagaimana cara kami bisa mengalahkan market. Bergabunglah sekarang dengan cara klik gambar di bawah ini untuk mendapatkan panduan lebih lanjut dan mulailah membangun masa depan finansial yang lebih baik.