fbpx

Tips Membeli Saham dengan Strategi Diversifikasi Saham

Setiap investor memahami bahwa risiko adalah bagian integral dari dunia investasi. Diversifikasi saham merupakan strategi investasi yang dilakukan oleh investor dengan mengalokasikan modal mereka di beberapa saham perusahaanDiversifikasi saham merupakan strategi investasi yang dilakukan oleh investor dengan mengalokasikan modal mereka di beberapa saham perusahaan

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Strategi Diversifikasi Saham

Diversifikasi saham merupakan strategi investasi yang dilakukan oleh investor dengan mengalokasikan modal mereka di beberapa saham perusahaan, hal tersebut dilakukan untuk bisa mengurangi adanya risiko dalam berinvestasi saham dan tidak hanya mengandalkan pada kinerja satu perusahaan saja.

Mengapa ini penting? Karena dengan begitu, Anda tidak perlu menggantungkan semua harapan pada performa satu perusahaan atau sektor saja.

Misalkan Anda berinvestasi pada perusahaan di sektor properti, keuangan, dan transportasi. Jika saham di sektor properti menurun, kenaikan di sektor keuangan dan transportasi dapat membantu menyeimbangkan kerugian tersebut. Diversifikasi seperti ini, dapat meredam dampak kerugian yang bisa lebih besar jika Anda hanya berinvestasi pada satu sektor atau perusahaan.

Memahami bahwa Risiko Tidak Pernah Benar-Benar Hilang

Meski diversifikasi saham bisa memperkecil risiko, perlu dipahami bahwa risiko itu sendiri tidak bisa sepenuhnya dihilangkan. Seorang investor melakukan diversifikasi saham dengan tujuan untuk memperkecil risiko yang akan didapatkan, sehingga portofolio investasinya bisa lebih baik. Saat berinvestasi pada satu perusahaan atau satu sektor saja, kerugian yang didapatkan bisa lebih besar saat saham yang dibeli harga sahamnya mencatatkan penurunan, di lain sisi memang keuntungan yang akan didapatkan juga lebih besar. Akan tetapi, saat investor melakukan investasi dengan memilih beberapa saham perusahaan bisa memperkecil adanya kerugian dari salah satu saham yang pergerakan harga sahamnya mengalami penurunan.
Saat investor membeli saham beberapa perusahaan dengan beda sektor, seperti properti, keuangan, dan transportasi. Ketika terdapat saham perusahaan yang harganya turun di sektor properti, dan kedua sektor yang lain harga sahamnya naik membuat penurunan di sektor properti tadi bisa diimbangi.

Perlu diingat juga memang saat kita melakukan diversifikasi saham bisa memperkecil risiko yang akan didapatkan, namun bukan berarti risiko tersebut benar-benar hilang. Secara keseluruhan risiko pasar tetap bisa mempengaruhi kinerja portofolio investasi kita. Melakukan diversifikasi ini kita harus melihat tujuan dalam berinvestasi, dan seberapa besar toleransi risiko yang mau kita ambil.

Tips Membeli Saham dengan Strategi Diversifikasi

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menggunakan strategi diversifikasi saham:

  1. Membeli saham perusahaan yang sudah kita ketahui bisnisnya bagus tidak dan bagaimana proyeksi kedepannya, kemudian melihat apakah kinerjanya bagus dan valuasi perusahaannya masih murah. Dengan hal tersebut ada potensi kenaikan harga saham di masa depan.
  2. Membeli saham di 3 sektor yang berbeda. Kita tidak mengetahui sektor mana yang akan naik dulu. Karena kita tidak melihat perkembangan makro setiap hari, yang membuat kita tidak mengetahui sentimen apa yang menyebabkan sektor tertentu naik dulu. Maka memilih 3 sektor yang berbeda adalah hal yang bagus.
  3. Tidak melakukan pembelian saham dengan porsi diatas 25%, dan dibawah 5%. Dikarenakan agar tidak bergantung pada satu saham jika porsi diatas 25%. Akan tetapi juga tidak dibawah 5%, karena saat harga sahamnya naik 100%, dampak ke kinerja portfolio hanya sedikit.

Dengan menerapkan strategi diversifikasi saham, Anda bukan hanya mempersiapkan diri terhadap risiko, namun juga memanfaatkan peluang yang ada dengan sebaik-baiknya. Mari mulai diversifikasi portofolio saham Anda dan lihat bagaimana kinerjanya dapat lebih optimal!

Tertarik untuk belajar lebih lanjut dan ingin mendapatkan hasil maksimal dari investasi saham Anda? Kami menawarkan program “Value Investing Mastery” yang dapat membantu Anda menguasai teknik dan strategi investasi yang tepat. Klik gambar di bawah ini untuk bergabung dengan kami dan mulailah perjalanan investasi sukses Anda hari ini!

 
Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter