fbpx

Struktur & Aliran Dividen Salim Group: Kekuatan Bisnisnya

Telusuri rahasia kekuatan finansial Salim Group, aliran dividen, dan struktur kepemilikan yang membentuk keranjang bisnis mereka. Pelajari lebih lanjut!

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Misteri Kekuatan Salim Group

Banyak orang bertanya-tanya, apa rahasia di balik kekuatan finansial Salim Group yang dipimpin oleh konglomerat fenomenal, Anthony Salim? Bagaimana aliran dividen dan struktur kepemilikan mereka dapat mempengaruhi pasar saham Indonesia, khususnya dalam dua tahun terakhir?

Pada tahun 2022 dan 2023, Anthony Salim membuat gelombang besar di pasar saham dengan agresif memasuki saham-saham Bakrie Grup. Namun, apakah Anda tahu bahwa induk dari grup Salim ini adalah perusahaan investasi yang terdaftar di bursa Hongkong?

Mari kita telusuri lebih dalam. Untuk mengungkap misteri ini, kita perlu memahami struktur di balik Indofood CBP (ICBP) dan bagaimana aliran dividen bekerja dalam Salim Group.

ICBP dan Induknya: First Pacific Company Limited

Gambar di bawah merupakan struktur dari induk Indofood CBP (ICBP). Kita akan membahas First Pasific Company Limited, dimana ini adalah induk dari Salim Grup. Induk dari Salim Grup adalah Perusahaan yang listing di bursa Hongkong. Salah satu anak usaha dari First Pacific yang terbesar adalah Indofood dengan kode emiten INDF. Dimana kepemilikan di INDF sebanyak 50,07%.

Disisi lain INDF memiliki perusahaan yang bergerak di sektor agribisnis yaitu Indofood Agri Resources Ltd. Dimana INDF memiliki 72,26% kepemilikan di Indofood Agri Resources. Kemudian Indofood Agri Resources memiliki saham 73,46% di saham SIMP. Dimana SIMP ini 6% nya dimiliki oleh Indofood. Kemudian SIMP memiliki 59,51% di Lonsum.

Read More  Strategi Milih Saham Langkah Cerdas Investasi Jangka Panjang

First pasifik merupakan perusahaan investasi yang bergerak di berbagai sektor, hingga pada tahun 2022 total aset sebesar USD 27 Miliar, dimana anak usaha penyumbang aset terbesar tersebut adalah Indofood.

Gambar di atas adalah struktur kepemilikan saham di First Pasific Company. Dan apabila kita lihat kepemilikan dari Anthony Salim di First Pasific cukup besar, masuk dalam top 10 kepemilikan saham prioritas. Karena Anthony Salim atau Indofood memiliki porsi cukup besar di Portfolio di First Pacific, kemudian berapa dividen yang di peroleh Indofood dari First Pacific dimulai dari dividen ICBP, berapa dividen yang diberikan Indofood ke First pacific?

Kepemilikan Indofood ke ICBP sebesar 80,53% kemudian apabila kita lihat dividen sebesar Rp 2,1 trilliun, artinya dividen ICBP yang disetorkan ke Indofood sebesar Rp 1,76 Triliun. Kemudian kita masuk ke LSIP di sektor agribisnisnya.

Dimana kepemilikan SIMP di LSIP sebesar 59,51%, Sehingga LSIP menyetorkan dividen ke SIMP sebesar Rp 215,5 miliar. Kemudian SIMP menyalurkan dividennya ke Indofood.

Dimana kepemilikan induk dari SIMP memiliki persentase saham sebesar 80,14%. Dimana total dividen yang diberikan SIMP terhadap induknya sebesar Rp 186,3 Miliar. Kemudian yang terakhir Indofood atau INDF.

Dividen yang diterima First Pasific company nya dari Indofood atau INDF sebesar 1,13 triliun. Sekilas kita lihat dividen dari Indofood yang diberikan kepada First Pacific. Dimana Anthony Salim memiliki kepemilikan kurang lebih 40% di First Pacific.

Kekuatan Salim Group dalam Angka

Dengan kepemilikan saham yang kuat dan aliran dividen yang strategis, Salim Group, di bawah kepemimpinan Anthony Salim, telah menunjukkan kekuatannya di dunia bisnis.

Tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang dunia investasi? Bergabunglah dengan program kami, Value Investing Mastery. Klik gambar di bawah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan mulailah perjalanan investasi Anda dengan pengetahuan yang benar.

Read More  Analisa Kinerja UNVR Full Year 2023 Kembali Turun
Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter