fbpx

Strategi Investasi Saham: Analisis Makro & Mikro

Dalam berinvestasi di saham, pasti kita tidak asing dengan analisis fundamental makro ekonomi dan mikro ekonomi. Sebenarnya apa sih perbedaan dari keduanya? Kedua analisis tersebut memiliki fokus yang lebih mendalam terkait bagaimana faktor perekonomian bisa memberikan pengaruh terhadap perusahaan, dan juga terhadap keputusan dalam berinvestasi oleh investor.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Menggali Analisis Makroekonomi dan Mikroekonomi

Dalam dunia investasi saham, mengambil keputusan yang tepat bisa menjadi tugas yang membingungkan dan kompleks. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, dari kondisi pasar global hingga kinerja keuangan perusahaan spesifik. Bagaimana Anda bisa merangkai semua informasi ini menjadi strategi investasi yang solid dan menguntungkan?

Masalah ini bisa diselesaikan dengan pendekatan yang sistematis dan analitis, yaitu melalui analisis fundamental makroekonomi dan mikroekonomi. Masing-masing membawa perspektif unik dalam mengevaluasi investasi saham dan bisa menjadi alat yang sangat efektif jika digunakan bersamaan.

Kedua metode analisis ini berfokus pada bagaimana faktor perekonomian mempengaruhi keputusan investasi, tetapi dari sudut pandang yang berbeda.

Read More  Inflasi AS & Global Menurun: Dampak & Peluang Investasi 2023

Fundamental Makroekonomi

Fundamental makroekonomi mempelajari tentang  faktor ekonomi yang memberikan dampak ke pasar saham dengan menyeluruh. Analisis ini seperti inflasi, suku bunga, pertumbuhan ekonomi, dan kondisi perekonomian global. Analisis ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat adanya perubahan pada perekonomian yang memberikan efek terhadap pasar saham, dengan hal tersebut seorang investor akan menjauhi saham yang kemungkinan akan terdampak negatif dari adanya perubahan ekonomi tersebut, hal tersebut dilakukan supaya bisa menghindari risiko dalam berinvestasi saham. Dan mencari saham yang terdampak positif dari perubahan ekonomi tersebut.

Contoh: Stabil dan terkendalinya inflasi di suatu negara bisa membuat perekonomian menjadi lebih baik, karena dengan inflasi yang rendah, daya beli masyarakat atau konsumen pada perusahaan bisa meningkat, dan meningkatkan kinerja perusahaan pada akhirnya.

Fundamental Mikroekonomi

Fundamental mikroekonomi mempelajari tentang bagaimana menganalisis suatu perusahaan yang kedepannya akan kita beli sahamnya. Analisis tersebut mengenai kinerja keuangan pada perusahaan, seperti neraca, laporan laba rugi, arus kas, dan rasio keuangan. Tidak hanya dari kinerja keuangan, hal lain juga perlu kita pelajari seperti manajemen, produk dan layanan, pasar yang dimiliki, dan persaingan terhadap perusahaan lain. Analisis ini memiliki tujuan untuk melihat apakah perusahaan ini memiliki kinerja yang baik, bagaimana prospek pertumbuhan bisnis perusahaan kedepannya, dan potensi keuntungan jika berinvestasi di saham perusahaan tersebut.

Contoh: Kinerja keuangan perusahaan yang baik dilihat dari pendapatan dan laba bersihnya selalu bertumbuh, neraca sehat, rasio keuangan yang baik misal ROE nya besar. Dengan kinerja keuangan yang bagus tentu investor akan tertarik. Kualitas produk dan layanan yang dimiliki perusahaan sangat baik, dan diminati banyak pembeli. Tentu saja hal tersebut bisa mendorong pendapatan perusahaan, dan laba bersihnya bisa meningkat, menandakan perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik.

Read More  Saham SIDO Muncul Masuk Indeks LQ45: Peluang Investasi di Segmen Herbal and Supplement

Tingkatkan Kemampuan Investasi Anda Sekarang

Seorang investor yang cerdas akan memanfaatkan kedua jenis analisis ini untuk membuat keputusan investasi yang lebih baik. Analisis makroekonomi memberi Anda gambaran besar tentang apa yang terjadi di pasar dan memungkinkan Anda untuk merencanakan strategi portfolio Anda sesuai dengan kondisi ekonomi. Sementara itu, analisis mikroekonomi membantu Anda mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang memiliki potensi kenaikan kinerja, yang pada akhirnya akan meningkatkan harga saham mereka.

Jika Anda serius ingin meningkatkan keahlian dan hasil investasi Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk bergabung dengan program Value Investing Mastery. Klik gambar di bawah ini untuk memulai perjalanan investasi Anda menuju kebebasan finansial.

Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter
Analisis saham ACES: kinerja Q1 2024, harga saham, prospek, laporan keuangan, dan target harga

Kinerja Masih Positif, ACES Targetkan Membuka 15-20 Gerai Baru di Tahun 2024 Ini

Analisis saham ACES: kinerja Q1 2024, harga saham, prospek, laporan...

Read More  Strategi Bangun Portfolio dari Modal Besar vs Mulai dari Nol
Read More