fbpx

Strategi Investasi Jangka Panjang: Mengoptimalkan Portofolio

Temukan rahasia sukses investasi jangka panjang dengan studi kasus saham BBCA. Tiga langkah sederhana untuk pertumbuhan portofolio yang konsisten dan menguntungkan.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Mengapa Banyak Investor Gagal?

Banyak investor di luar sana yang seringkali terjebak dalam hiruk-pikuk dunia saham. Dengan berbagai kesibukan sehari-hari, sulit bagi sebagian besar investor untuk selalu memantau pergerakan harga saham. Seringkali, akibat ketidakstabilan dan ketidakpastian pasar, banyak investor yang mengalami kepanikan dan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Tumbuh Dengan Tenang

Kami percaya pada konsep “tumbuh dengan tenang”. Ini berarti bahwa portofolio Anda bisa tumbuh secara konsisten dan Anda dapat merasa tenang dalam setiap langkah investasi yang diambil. Bagaimana cara mencapai hal ini? Kuncinya ada pada mindset yang benar.

Mindset Investasi Jangka Panjang vs. Trading Jangka Pendek

Sebagai contoh, mari kita lihat saham BBCA. Sebagai contoh, mari kita lihat saham BBCA. Pada bulan Maret tahun 2015, harga saham BBCA berada di level Rp 3.100 per lembar setelah stocksplit. Namun, dalam empat bulan berikutnya, harganya jatuh sekitar 42%. Bagi investor yang tidak memiliki mindset jangka panjang, hal ini bisa menyebabkan kepanikan. Namun, dengan pendekatan jangka panjang, kita bisa melihat bahwa dari tahun 2015 hingga 2023, harga saham BBCA telah meningkat signifikan, memberikan return sebesar 187% — dan ini belum termasuk dividen yang diberikan.
Read More  Strategi Temukan Saham Berpotensi Cuan 400%

Kinerja Sebagai Kunci Kenaikan Harga Saham

Salah satu alasan utama kenaikan harga saham BBCA adalah kinerjanya yang konsisten. Historis menunjukkan bahwa pendapatan BBCA tumbuh dengan CAGR sebesar 8,07%. Laba sahamnya juga mengalami kenaikan konsisten dengan CAGR sebesar 11,42% per tahun.

Dalam dunia investasi, ada dua hukum dasar:

  1. Dalam jangka pendek, harga saham dipengaruhi oleh sentiment pasar.
  2. Dalam jangka panjang, harga saham akan kembali mengikuti fundamentalnya.

Dengan memahami dan memanfaatkan kedua hukum ini, kita dapat mengoptimalkan kinerja portofolio investasi kita.

Panduan Sederhana untuk Sukses di Pasar Saham

Jika kita sudah memiliki mindset kinerja jangka panjang, apa yang menjadi acuan kita untuk memperkaya diri di saham.

Gambar di atas merupakan indikator-indikator yang perlu kita miliki untuk memperkaya diri di dunia saham. Apa yang terjadi apabila kinerja portfolio kita selalu konsisten untuk mengalahkan market, yield compounding akan sangat baik. Target IHSG 10% menurut kami adalah target yang realistis bagi investor yang memiliki kesibukan lain diluar mengamati pergerakan harga saham harian. Kenapa bisa seperti itu? karena investasi jangka panjang strateginya hanya buy dan hold saja, artinya jika market sedang ada sentiment negatif, harga sahamnya akan ikut turun. Apabila sentiment bagus, maka harga sahamnya akan naik. Karena tidak ada tameng harga saham, dan support resist, maka harga saham di portfolio akan mengikuti market. Itulah kenapa kinerja portfolio di atas market di atas IHSG itu sudah sangat bagus.

Kemudian Langkah selanjutnya adalah kita harus memilih perusahaan dengan kinerja yang baik. Kenapa harus kinerja baik? Seperti contoh saham BBCA, dimana kinerja naik maka harga sahamnnya juga ikutan naik. Setelah itu untuk optimalisasi return, sebisa mungkin kita membeli di harga murah, atau harga bawahnya.

Read More  Awas Value Trap! Rahasia Sukses Investasi dengan Value Stock

Dari semua tips diatas, bisa diambil kesimpulan untuk sukses di pasar saham hanya melakukan 3 langkah sederhana saja,

Yang pertama memiliki time horizone yang panjang, atau jangka panjang atau diatas 1 tahun.
Yang kedua memilih perusahaan dengan kinerja baik,
Yang ketiga membeli diharga murah. Bagaimana hasilnya? setelah kami menerapkan 3 langkah ini hasilnya sangat bagus.

Manfaatkan Kesempatan Investasi dengan Kami

Ingin menumbuhkan portofolio Anda dengan strategi yang terbukti dan efektif? Bergabunglah dengan program Value Investing Mastery kami. Klik gambar di bawah ini untuk memulai perjalanan investasi Anda bersama kami dan rasakan ketenangan dalam setiap langkah investasi Anda.

Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter
Harga Saham 4 Big Bank Turun, Seperti Ini Update Kinerja Keuangan Bulan April 2024

Harga Saham 4 Big Bank Turun, Seperti Ini Update Kinerja Keuangan Bulan April 2024

Pelajari alasan kenapa harga saham 4 big bank turun, prospek...

Read More  Harga Saham 4 Big Bank Turun, Seperti Ini Update Kinerja Keuangan Bulan April 2024
Read More