fbpx

Strategi Investasi IHSG 2023: Panduan Lengkap untuk Pemula

Pelajari strategi investasi IHSG tahun 2023! Dapatkan tips untuk pemula dan investor berpengalaman agar tetap profit di tengah koreksi pasar.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Koreksi IHSG dan Tantangannya

Banyak yang mengatakan bahwa bulan September bulan penuh koreksi. Pada saat artikel ini di buat (per 25 September 2023) IHSG masih berada di level atas, bahkan sempat menembus level Rp 7.000. Apabila kita lihat saham-saham yang menggerakan IHSG seperti BBCA justru mengalami koreksi. Selain itu apabila kita lihat BBRI sebagai pesaing BBCA dimana BBRI menjadi market cap terbesar kedua juga masih mengalami fase downtrend. Kira-kira saham apa yang menahan IHSG tidak jatuh ke bawah sedangkan 2 saham dengan market cap terbesar di IHSG sedang turun?

Faktor Penahan IHSG

 

PT Amman Mineral International Tbk (AMMN) ini baru IPO sekitar 2 bulan lalu dan hingga saat ini harga sahamnya sudah naik sekitar 200%. Dengan naiknya saham sebesar 200% tersebut menjadikan AMMN menjadi salah satu market cap terbesar di bursa. Dapat diartikan walaupun IHSG naik di level atas, kalau kita tidak punya saham AMMN ataupun saham energi yang lainnya bisa dipastikan posisi portfolio akan berkurang atau malah ada nyangkut. Apalagi saham-saham di portfolio adalah saham sektor consumer good atau saham properti saat ini masih downtrend. Bagi kalian yang memiliki posisi di sektor tersebut tidak perlu khawatir selama kinerjanya masih bagus, sahamnya pasti akan naik kembali sesuai dengan kinerjanya.

Read More  4 Saham Properti Ini Update Laporan Q3 Tahun 2023

Strategi Investasi Jangka Panjang

Beberapa bulan lalu, kami bercerita mengenai saham yang kami miliki dengan posisi nyangkut -30%. Namun karena kami memilih saham yang tepat dengan kinerja yang baik, tidak perlu khawatir, karena dalam jangka panjang harga sahamnya akan mengikuti kinerjanya atau kembali ke fundamental aslinya. Di bulan Mei 2023 saham HRUM kami nyangkut -30%, sekarang saham HRUM kami sudah BEP bahkan sudah mulai hijau. Jika kita memilih perusahaan yang tepat maka tidak perlu khawatir dalam jangka Panjang. Kami juga menceritakan dimana saham yang telah mencetak satu bagger di tahun 2023 ini, yaitu saham MAPA. Dimana saham MAPA ini sudah kami sharingkan pada awal tahun kemarin. Kami membeli saham MAPA pada bulan Agustus tahun 2022 lalu, pada saat itu kami membeli saham MAPA saat di harga pucuk. Apa yang terjadi setelah kami membeli saham MAPA? Ya pada bulan Oktober tahun 2022 lalu MAPA kami nyangkut -20%. Namun karena orientasi kami adalah jangka Panjang dan fokus pada kinerjanya, akhirnya pada bulan Agustus tahun 2023 ini harga saham MAPA naik bahkan floating profit diatas 100%. Kami menceritakan pengalaman tersebut agar teman-teman tidak perlu khawatir dengan yang namanya nyangkut selama kinerja perusahaannya masih bagus. Sepanjang kita di bursa, sepanjang itu juga kita akan merasakan yang namanya nyangkut di saham. Sehingga ketika kita nyangkut yang perlu kita lakukan adalah membenahi mindset apakah kita di bursa untuk trading atau untuk investing. Kami sarankan bagi teman-teman yang sibuk tidak punya waktu untuk memantau market harian, maka kalian tidak perlu untuk trading, kami sarankan untuk investasi. Ketika kita memilih untuk investasi, kita harus memiliki mindset investasi. Mengenai mindset investasi, kita berbicara kinerja perusahaan dalam mencetak laba. Kemudian ketika kita sudah memiliki posisi di saham untuk investasi, maka kita perlu cek kembali kinerja perusahaannya, kita cek kembali fundamentalnya. Kemudian kita simpulkan apakah kita sudah memilih perusahaan yang benar atau tidak. Kita cek juga neracanya apakah dalam kondisi sehat atau tidak, kemudian cek kinerjanya apakah masih ada potensi kenaikan laba di masa depan. Setelah kita selesai cek semua itu perusahaan baik-baik saja, dan masih memiliki prospek yang bagus ya kita hold saja saham tersebut. Mau harganya turun nyangkut ya tetap kita hold saja. Apabila kita punya ruang yang cukup untuk menambah muatan, momen ketika nyangkut tersebut bisa dimanfaatkan untuk menambah muatan. Tips selanjutnya yaitu waktu, jadikan waktu sebagai teman. Dalam investasi kita butuh waktu yang cukup panjang hingga saham tersebut di apresiasi oleh market.
Read More  Saham DILD Investing Review: Mengungkap Potensi Tersembunyi

Kesimpulan

Bisa kita simpulkan selama kinerja perusahaan bagus, fundamental perusahaan bagus, prospek masa depan cerah, walaupun posisi masih nyangkut atau floating loss kita tetap hold dan tidak perlu khawatir dengan harga sahamnya. Karena kita tinggal tunggu waktunya hingga market memberikan apresiasi terhadap saham tersebut.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang strategi investasi yang tepat, bergabunglah dengan program Value Investing Mastery kami. Klik gambar di bawah ini untuk memulai perjalanan investasi Anda dengan kami. Sebelum

Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter

IPO ATLA – Seberapa Menarik Potensi Investasi di Penyedia Jasa Survei dan Layanan untuk Perusahaan Energi?

Temukan potensi investasi saham ATLA, kinerja keuangan, dan prospek bisnis...

Read More  Apa Itu Strategi Konsentrasi Saham? 3 Cara Melakukannya!
Read More