fbpx

Strategi Bangun Portfolio dari Modal Besar vs Mulai dari Nol

Pelajari cara efektif membangun portfolio investasi saham, baik dengan modal besar maupun mulai dari nol. Temukan langkah-langkah praktis untuk sukses berinvestasi.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Mengapa Strategi Investasi Anda Gagal?

Ada momen dalam perjalanan investasi di mana Anda merasa terjebak. Anda mungkin memiliki modal yang besar tetapi bingung bagaimana mengalokasikannya secara efisien. Atau sebaliknya, Anda mulai dari nol dan merasa kewalahan dengan pilihan investasi yang ada. Apapun kondisinya, Anda perlu strategi yang dapat disesuaikan.

Memahami Dua Skenario Investasi Yang Berbeda

Dalam artikel ini, kami akan membagi dua skenario berbeda dalam investasi dan memberikan panduan untuk membangun portfolio Anda sesuai dengan skenario tersebut. Langsung saja, mari kita masuk ke pembahasan yang menarik ini.

Skenario Pertama: Membangun Portfolio Dengan Modal Besar

Kondisi yang pertama yaitu Ketika kita memiliki modal yang besar di awal selanjutnya kita tidak menabung, atau jika kita tetap menabung, maka uang yang kita setorkan di RDN (Rekening Dana Nasabah) kita tidak terasa. Contohnya misalnya kita punya uang 1 Miliar di depan dan setiap bulannya kita menabung, katakanlah menabung 2 juta perbulan. Sehingga 2 juta perbulan yang kita setorkan tersebut tidak terasa. Kondisi yang kedua kita benar-benar mulai dari 0 (Nol) dan kita menabung setiap bulan.

Read More  Diversifikasi vs Konsentrasi Portfolio: Mana yang Lebih Baik?

Kasus pertama jika kami menyusun portfolio dari awal dengan modal 1 Miliar.

  1. Kami tidak akan langsung menghabiskan uang cash di saat itu atau di bulan itu.
  2. Belanjakan separuh terlebih dahulu dengan 500 juta dan 500 juta kami biarkan terlebih dahulu, lalu kami diversifikasi di tiga saham dengan tiga sektor yang berbeda. Alasannya karena kami tidak tahu sektor mana yang akan Rally (peningkatan secara tajam pada saham) terlebih dahulu.
  3. Separuhnya di belanjakan dalam kurun waktu 5 bulan kedepan atau 500 juta tadi akan kami habiskan dalam waktu 5-6 bulan kedepan, kita belanjakan secara bertahap. Bisa dengan cara tambah muatan maupun beli saham baru.

Dibawah ini kami berikan ilustrasinya

Skenario Kedua: Memulai Dari Nol

Kasus kedua jika kami menyusun portfolio dari 0 (nol) dan rutin menabung 5 juta per bulan.

  1. Bulan Pertama: Investasikan 5 juta Anda pada satu saham yang Anda yakini akan memberikan return yang baik.
  2. Bulan Kedua: Pilih saham kedua dan investasikan 5 juta lainnya.
  3. Bulan Ketiga dan Seterusnya: Lanjutkan pola ini sampai Anda memiliki empat saham yang berbeda.
  4. Fokus Pada Empat Saham: Setelah bulan ke-5, gunakan dana menabung Anda untuk menambah investasi pada keempat saham ini.

Ringkasan dan Langkah Selanjutnya

Baik Anda memulai dengan modal besar atau dari nol, memiliki strategi investasi yang efektif adalah kunci. Dengan memahami dan menerapkan strategi ini, Anda akan lebih siap dalam menghadapi tantangan dan peluang di dunia investasi.

Ringkasan dan Langkah Selanjutnya

aik Anda memulai dengan modal besar atau dari nol, memiliki strategi investasi yang efektif adalah kunci. Dengan memahami dan menerapkan strategi ini, Anda akan lebih siap dalam menghadapi tantangan dan peluang di dunia investasi.

Read More  Mengatasi Volatilitas Saham: Tips dan Strategi Bijak

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut? Jika Anda menemukan informasi ini berguna dan ingin mengeksplor lebih dalam tentang cara memaksimalkan portofolio Anda, klik gambar di bawah ini untuk bergabung dalam program Value Investing Mastery kami. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk menjadi master dalam investasi!

Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter
Read More  WEHA 2023: Strategi Capai Pendapatan Rp280 Miliar