fbpx

Saham ACES: Harga Hari Ini, Laporan Keuangan, dan Berita Terbaru

Perhatikan pergerakan harga saham ACES hari ini, analisis laporan keuangan terbaru, dan berita terkini tentang saham ACES

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Profil Perusahaan

PT ACE Hardware (ACES) telah menunjukkan kinerja yang mengesankan di kuartal ketiga tahun 2023 secara year on year. Perusahaan sendiri menargetkan jika tahun 2023 ini penjualan perusahaan bisa bertumbuh 8-10%. Dan bahkan sampai kuartal ketiga 2023, penjualannya sudah tumbuh 12,2% secara yoy. Lalu apakah di sisa akhir tahun ini kinerjanya bisa semakin bagus? Kita akan membahas secara mendalam mengenai laporan keuangan, proyeksi kinerja dan potensi peningkatan kinerja ACES.

Sebelum masuk mengenai kinerja di kuartal ketiga tahun 2023, kita akan membahas mengenai bisnis yang dimiliki perusahaan. ACES merupakan perusahaan ritel perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup yang berada di Indonesia. Perusahaan berdiri sejak tahun 1995, pada awalnya memiliki nama PT Kawan Lama Home Center yang menjalankan aktivitas bisnis perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup. Produk yang dimiliki dipasarkan dengan merek dagang seperti ACE, Krisbow, dan Kris. Gerai pertama ACES yang dibuka berada di Karawaci, Tangerang pada tahun 1995. Hingga saat ini perusahaan terus melakukan ekspansi dengan menjadi salah satu perusahaan ritel di Indonesia yang terkemuka, dengan memiliki produk perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup.

Kemudian di tahun 1997, perusahaan mengganti namanya menjadi PT ACE Indoritel Perkakas, dan tahun 2001 namanya berganti lagi menjadi PT ACE Hardware Indonesia. Perusahaan listing di bursa sejak tanggal 6 November 2007. Saat ini segmen bisnis yang dimiliki perusahaan terbagi menjadi tiga, yaitu produk perbaikan rumah, produk gaya hidup, dan produk permainan.

Read More  Prediksi Kinerja 2023 Perusahaan Tol: Peluang Investasi

PT Kawan Lama Sejahtera adalah pemilik saham terbesar ACES yang memiliki persentase kepemilikan sebesar 59,97%. Kemudian untuk kepemilikan masyarakat sebesar 39,86%. Jadi perusahaan ACES merupakan bagian dari grup Kawan Lama. Kawan Lama Group merupakan kelompok unit bisnis multisektor dengan memiliki enam pilar bisnis yaitu Commercial & Industrial, Consumer Retail, Food & Beverage, Property & Hospitality, Commercial Technology, dan Manufacturing & Engineering.

Kinerja Kuartal Ketiga 2023

Pada kuartal ketiga tahun 2023 kinerja ACES ini cukup bagus, dimana penjualan bersih perusahaan naik 12,2% menjadi Rp 5,4 triliun dibandingkan dengan sebelumnya sebesar Rp 4,8 triliun. Kemudian laba kotor perusahaan sebesar Rp 2,6 triliun yang mencatatkan kenaikan sebesar 11,8%.

Rincian penjualan perusahaan tersebut paling besar penjualannya berasal dari produk perbaikan rumah yang memperoleh penjualan sebesar Rp 2,9 triliun. Kemudian penjualan terbesar kedua berasal dari produk gaya hidup sebesar Rp 2,2 triliun. Dan terakhir ada penjualan produk permainan sebesar Rp 224,9 miliar. Ketiga penjualan produk tersebut mengalami kenaikan dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Kemudian ditambah dengan penjualan konsinyasi bersih yang turun menjadi Rp 108,8 miliar.

Sedangkan untuk laba bersihnya perusahaan mencatatkan kenaikan yang lebih tinggi persentasenya dibandingkan dengan penjualan maupun laba kotornya. Dimana ACES mencetak laba bersih sebesar Rp 485,8 miliar yang naik 38,1% dibandingkan sebelumnya sebesar Rp 351,7 miliar. Kenaikan tersebut berasal dari beban usaha yang dimiliki perusahaan hanya naik tipis 5,1% saja disaat laba kotornya mampu mencatat kenaikan 11,8%, yang membuat laba usaha ACES bisa naik 32,2%. Kemudian beban keuangannya juga mengalami penurunan.

Same Store Sales Growth (SSSG) ACES sepanjang 9 bulan tahun 2023 ini mencatatkan kenaikan 11,05% secara YoY dengan seluruh segmennya (perbaikan rumah, gaya hidup, permainan). Dimana penjualan pada kuartal ketiga tahun 2023 dari ketiga segmen tersebut sebesar Rp 5,38 triliun dan kuartal ketiga 2022 sebesar Rp 4,78 triliun. Dengan 296 gerai yang dihitung dari 232 gerai (gerai ACE Xpress, gerai ACE Home Center, gerai ACE Hardware) dan 64 gerai mainan. Dengan penjualan Q3 2023 sebesar Rp 5,38 triliun tersebut maka tiap gerai menghasilkan Rp 18,1 miliar. Jika dihitung dengan total gerai yang sama dengan periode Q3 2022, maka total penjualan ketiga segmen pada Q3 2023 dengan 292 gerai adalah Rp 5,31 triliun atau tercatat naik 11,05% secara yoy. Sedangkan untuk tanpa segmen mainan cara hitungnya sama, akan tetapi tanpa memasukkan penjualan segmen mainan dan tidak menghitung gerai mainan, dan tercatat naik 10,39% secara yoy. Hal tersebut cukup bagus terkait pertumbuhan kinerja ACES Dengan data SSSG yang 11,05% dan 10,39%, tentu saja secara YoY.

Read More  Analisis Saham ACES: Kinerja, Harga, dan Prospek Tahun 2024

Proyeksi Kinerja 2023

Perusahaan sendiri mempunyai target di tahun 2023 ini penjualannya naik 8-10%. Dan dengan melihat kinerja di kuartal ketiga tahun 2023 ini penjualannya sudah melebihi 10%, atau lebih tepatnya naik 12,2%. Jika melihat secara kuartalan, sebenarnya penjualan ACES tercatat turun 4% dan laba kotor juga turun 5%, sedangkan laba bersihnya bisa naik 27%. Namun hal tersebut sama dengan kinerja secara kuartalan di kuartal ketiga tahun 2022, yang penjualannya juga turun sedangkan laba bersih naik.

Apakah di sisa akhir tahun 2023 ini kinerja ACES bisa lebih baik lagi? Dengan melihat secara historis, biasanya kinerja ACES itu tertingginya di akhir tahun, atau periode Oktober – Desember. Yang dimana biasanya perusahaan ritel itu terdapat penjualan dengan promo akhir tahun, sehingga mampu mendongkrak kinerja operasionalnya. Mengaca di periode Oktober – Desember 2022, penjualan perusahaan naik 18% dan laba bersih naik signifikan sebesar 186% secara kuartalan. Jadi dengan hal tersebut, seharusnya ACES bisa mencetak kinerja lebih baik di sisa akhir tahun ini daripada di kuartal ketiga 2023 secara kuartalan. Didukung dengan beberapa toko baru yang telah dibuka perusahaan.

Saat ini ACES di perdagangkan di level Rp 860/lembar saham atau sudah naik 73% secara year to date. Dengan harga tersebut valuasi PBV ACES berada di level 2,52x dengan PER 19,27x.

Jika Anda menginginkan wawasan mendalam tentang investasi saham, kami mengundang Anda untuk bergabung dengan program Value Investing Mastery. Klik gambar dibawah untuk memulai perjalanan investasi Anda dan raih keuntungan yang berkelanjutan.

Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter
Read More  Kinerja Masih Positif, ACES Targetkan Membuka 15-20 Gerai Baru di Tahun 2024 Ini