fbpx

PT Archi Indonesia ARCI: Emas Potensial dan Cadangan Besar

Temukan potensi investasi emas di PT Archi Indonesia Tbk (ARCI). Dengan rencana penambangan dan integrasi hulu-hilir, ARCI menawarkan prospek investasi yang menjanjikan.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keungutngan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Peluang Emas di Tengah Ketidakstabilan Ekonomi

Apakah Anda pernah merasa khawatir tentang stabilitas ekonomi global? Merasa ragu untuk berinvestasi dalam kondisi yang tidak pasti ini? Inilah permasalahan yang kerap dialami oleh para investor, terutama di tengah ketidakstabilan ekonomi global saat ini. Namun, pernahkan Anda berfikir untuk berinvestasi dalam emas, lebih tepatnya investasi dalam PT Archi Indonesia Tbk (ARCI).

Ambisi PT Archi Indonesia (ARCI)

ARCI memiliki rencana besar untuk memaksimalkan cadangan emas yang melimpah. ARCI berencana melakukan penambangan bawah tanah atau underground mining, yang berjalan bersamaan dengan penambangan tambang terbuka atau open pit. Rencana ini didasari oleh hasil data drilling yang menunjukkan potensi sangat tinggi untuk pengoperasian penambangan bawah tanah.

Keahlian dan Pengalaman ARCI

Direktur ARCI, Scott Gerald Atkinson, memiliki latar belakang yang mengesankan sebagai General Manager Pertambangan dan Bawah Tanah Barrick Gold Corporation, salah satu perusahaan produsen emas dan tembaga terbesar di dunia. Pengalaman ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi ARCI dalam menjalankan penambangan bawah tanah. Barrick Gold Corporation, perusahaan yang berlokasi di Toronto, Kanada. Perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan pertambangan yang memproduksi emas dan tembaga terbesar di dunia dengan beroperasi di 13 negara. Dengan pengalaman tersebut, pasti akan memberikan dampak baik bagi ARCI dalam melakukan penambangan bawah tanah.

Konsesi lahan ARCI ada tiga wilayah yaitu di Koridor Barat, Koridor Tengah, dan Koridor Timur. Manajemen ARCI menyatakan eksplorasi penambangan bawah tanah ini akan dilakukan di wilayah Koridor Timur dan Koridor Barat.

Rencana dan Harapan ARCI

Dengan operasional penambangan bawah tanah yang direncanakan mulai berjalan pada tahun 2024, manajemen ARCI berharap akan ada peningkatan signifikan dalam cadangan emas perusahaan. Untuk tahun 2023, ARCI menargetkan pertumbuhan produksi emas sebesar 25% – 30%.

Peningkatan Produksi dan Kestabilan

Untuk mendukung peningkatan produksi ini, ARCI akan menambah jumlah alat berat yang beroperasi di tambang. Dengan penambahan ini, ARCI akan mendapatkan kestabilan yang diperlukan untuk pengembangan mining open pit di masa depan.Perusahaan di tahun ini yakin bisa mencapai target karena perbaikan Pit Araren yang berjalan lancar. Perlu diketahui jika tahun sebelumnya produksi emas ARCI turun karena terjadi bencana longsor di Pit Araren yang disebabkan oleh tingginya curah hujan. Pit Araren sendiri merupakan pit andalan perusahaan karena memiliki cadangan emas dengan kualitas tinggi.Pada kuartal 4 2022 Pit Araren sudah mulai kembali beroperasi dengan pengalihan sungai selesai, alat berat sudah menambang bijih emas, dan kegiatan remediasi berjalan sesuai dengan rencana.  Kemudian pada Juni 2023 ini kondisi Pit Araren pada dinding pit sudah stabil dan memulai pengembangan tahap selanjutnya

Demi mendukung peningkatan produksinya di tahun ini, ARCI akan menambah jumlah alat berat yang beroperasi di tambang. 

Demi mendukung peningkatan produksinya di tahun ini, ARCI akan menambah jumlah alat berat yang beroperasi di tambang.

Strategi ARCI: Terintegrasi dari Hulu ke Hilir

ARCI tidak hanya berambisi dalam produksi, tetapi juga dalam integrasi proses bisnis. ARCI akan menjadi satu-satunya perusahaan tambang emas di Indonesia dengan proses hulu ke hilir yang terintegrasi, setelah pabrik pemurnian emas dan perak mulai beroperasi pada kuartal ketiga tahun 2023.Status ini akan diperoleh perusahaan setelah pabrik pemurnian (refinery) emas dan perak dioperasikan pada kuartal ketiga di tahun 2023 ini. Pabrik pemurnian ini akan dioperasikan di salah satu anak perusahaan yaitu PT Elang Mulia Abadi Sempurna (EMAS).ARCI akan menjadi perusahaan pertama yang memiliki tambang, kontraktor, pabrik pemurnian, dan brand sendiri. Menjadi perusahaan hulu-hilir sesuai rencana pemerintah Indonesia yang mengembangkan downstream industry. Ini merupakan rekam jejak dari ARCI dimana tahun 2019 mendirikan PT EMAS yang kedepannya menjadi pabrik pemurnian tersebut dan 2020 kemarin berhasil mendirikan PT GMA sebagai kontraktor penambangan utama.

Potensi Pendapatan Baru

Dengan refinery yang sedang menunggu proses perizinan ini, ARCI akan mendapatkan sumber pendapatan baru yang potensial, memiliki biaya pemurnian yang efisien, dan dapat menjadi alternatif bagi pertambangan atau produsen emas lainnya.Peralatan fasilitas sudah terpasang dan sedang menunggu proses perizinan yang segera didapatkan. Saat ini sudah dalam tahap comissioning and trial. Refinery yang akan beroperasi ini bisa menjadi sumber pendapatan baru yang potensial.  Dengan ini ARCI akan memiliki biaya pemurnian yang efisien, arus kas akan menjadi lebih baik disebabkan waktu pemurnian semakin cepat, dan sebagai alternatif untuk pertambangan atau produsen emas lainnya.

Keuntungan Emas di Masa Tidak Stabil

Dalam kondisi perekonomian global yang belum stabil, emas menjadi aset safe haven yang dapat menghindari kerugian. Fakta ini, ditambah dengan kenaikan harga emas global sekitar 6% di tahun 2023, membuat investasi dalam emas, khususnya melalui ARCI, menjadi pilihan yang menarik.

Potensi Kenaikan Laba Bersih ARCI

Dari laporan keuangan ARCI pada kuartal pertama tahun 2023, penjualan luar negeri cukup mendominasi, dengan persentase sebesar 88,6% dari total penjualan. Jika produksi perusahaan meningkat seiring dengan target, maka penjualan perusahaan juga berpotensi meningkat, baik di pasar domestik maupun internasional. Akibatnya, laba bersih perusahaan pun akan ikut naik.

ARCI: Sebuah Investasi Emas di Tengah Ketidakpastian

Melihat dari semua faktor ini, ARCI menunjukkan potensi besar sebagai instrumen investasi yang menguntungkan. Dengan rencana berani, manajemen berpengalaman, dan potensi cadangan emas yang besar, ARCI mungkin bisa menjadi pilihan investasi Anda di tengah ketidakpastian ekonomi. Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang value investing dan bagaimana memaksimalkan keuntungan investasi Anda, kami mengundang Anda untuk bergabung dengan program kami, Value Investing Mastery. Klik gambar di bawah ini untuk memulai perjalanan investasi Anda yang menguntungkan dengan kami.DisclaimerInformasi yang disajikan dalam artikel ini dimaksudkan untuk tujuan informasi umum dan pendidikan saja. Informasi ini tidak dimaksudkan sebagai nasihat keuangan, investasi, atau sejenisnya. Sebelum membuat keputusan investasi, Anda harus selalu mencari saran dari penasihat keuangan profesional dan melakukan penelitian atau due diligence Anda sendiri.
Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter