fbpx

PROSPEK SAHAM WEHA: PROYEKSI dan PROSPEK MENJAJIKAN?

Baca analisis mendalam kami tentang prospek investasi saham WEHA di tahun 2023. Pelajari bagaimana pandemi mempengaruhi WEHA dan bagaimana mereka pulih serta proyeksi keuntungan di masa mendatang

Artikel ini kami tulis khusus kepada member The Investor Portfolio pada tgl 16 April 2023 lalu. Dan sengaja baru kami publish untuk umum pada tgl 8 Juli 2023.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Tantangan Pandemi dan Dampaknya Terhadap WEHA

Bagi investor saham, pasar dapat menjadi suatu petualangan yang serba tidak pasti, terlebih saat berinvestasi pada saham PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk (kode : WEHA), perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan logistik. WEHA mengalami guncangan serius ketika pandemi COVID-19 melanda, menyebabkan operasional terhenti dan penurunan keuntungan yang signifikan. Apakah WEHA, perusahaan PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR), masih layak untuk dipertimbangkan sebagai bagian dari portofolio Anda?

Pengaruh Pandemi Terhadap Kinerja WEHA

Tak bisa dipungkiri, dampak pandemi COVID-19 telah memberikan tantangan serius bagi sektor transportasi dan pariwisata. WEHA mengalami kerugian besar pada tahun 2020, dan meskipun ada perbaikan di tahun 2021, variabel-variabel tak terduga seperti varian Delta COVID-19 dan dampaknya terhadap operasional masih meresahkan. Namun, dalam kekacauan inilah peluang biasanya tercipta.

PROSPEK SAHAM WEHA 2023

PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk (kode : WEHA) adalah perusahaan yang bergerak dibidang transportasi dan logistik. Ada 3 segmen yang menjadi bisnis utama WEHA yaitu Penyewaan Bis, Travel & Logistik dan Jasa Wisata. Pemegang terbesar WEHA adalah PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) yang dimana perusahaan ini bergerak dibidang jasa pariwisata. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa sang induk (PANR) mencari pelanggan, kemudian sarana transportasinya menggunakan WEHA.

( 3 Segmen Bisnis WEHA ) 

Pada tahun 2020 saat terjadi pandemi covid dan pemberlakuan pembatasan kegiatan diluar rumah, membuat kinerja WEHA tertekan. WEHA saat itu mencatat rugi bersih sebesar 33,5 Milyar Rupiah dimana level tersebut adalah rugi terparah sejak tahun 2015. Kemudian masuk tahun 2021 kinerja perusahaan berangsur pulih. Tapi sayangnya dengan adanya varian delta yang mematikan, membuat kegiatan operasional WEHA tidak maksimal. Di tahun 2021 WEHA masih mencatatkan rugi bersih sebesar 9,6 Milyar. Walaupun masih mencatatkan rugi bersih, paling tidak kerugiannya sudah jauh berkurang.

Tahun 2021 saat itu sedang booming fenomena work from home dan bisnis digital mendapat berkah dari fenomena tersebut. Bukan hanya sebatas work from home tetapi pola belanja masyarakat mulai berubah yang tadinya sering belanja offline mulai berubah menjadi tren belanja online. Dan WEHA menangkap peluang tersebut dimana bisnis travel dengan brand “Daytrans”nya bertransformasi menjadi bisnis logistik dengan brand “Daytrans Express”.

Dan momentum inipun disambut baik oleh market yang akhirnya membuat harga sahamnya langsung meroket dari harga 65 naik menjadi 280 dalam 3 bulan. Memang saat itu selain sektor digital, sektor logistikpun menjadi salah satu sektor yang hype saat itu. Tetapi karena kenaikan harga sahamnya hanya berdasarkan hype semata, maka ketika hype tersebut hilang, harga sahamnya kembali menurun.

Masuk tahun 2022 saat mulai dibuka kembali kegiatan diluar rumah (fenomena new normal) akhirnya membuat permintaan akan transportasi mulai pulih. Dengan adanya permintaan yang tinggi maka perusahaan perlu meremajakan armada yang dimilki supaya bisa beroperasi dengan maksimal, tetapi disisi lain perusahaan kehabisan kas (akibat kerugian yang dialami selama 2 tahun terakhir).

Dengan kondisi tersebut akhirnya WEHA memutuskan untuk melakukan Right Issue. Jumlah saham baru yang diterbitkan sebanyak hampir 600 juta lembar saham atau setara dengan 40% dari jumlah saham yang beredar. Bisa dibilang Right Issue WEHA berjalan sukses dengan perolehan dana sekitar 70 Milyar. Harga pelaksanaan Right Issue ada di level 125.  

Disisi lain kinerja WEHA pun mulai ada perbaikan. Ketiga segmen bisnisnya mulai mencatat kenaikan kinerja yang signifikan. Walaupun WEHA melakukan Right Issue (yang membuat ekuitas naik) tetapi karena labanya naik secara signifikan, hal ini mampu mengangkat ROE WEHA menjadi 10% (ROE tertinggi sejak 2014).

Dan berikut adalah histori kinerja WEHA baik pendapatan maupun laba bersih.

Laba yang tinggi di tahun 2017 merupakan hasil dari penjualan investasi saham. Jadi jika laba tersebut dihilangkan, sebenanya WEHA masih membukukan kerugian di tahun 2017 silam. Yup, artinya laba yang dihasilkan di tahun 2022 kemarin adalah laba tertinggi sejak tahun 2014.

Lalu bagaimana dengan potensi kinerja di tahun ini?

Dengan memperhatikan fenomena maupun agenda besar di kuartal II tahun ini yaitu libur lebaran dan libur sekolah, maka potensi terjadi lonjakan permintaan akan terjadi. Manajemenpun mengatakan bahwa kinerja WEHA di tahun ini bisa meningkat sampai 40%.

Dan jika rencana tersebut berhasil, maka kinerja WEHA di tahun ini akan mencapai level tertingginya sejak tahun 2014 (FAST GROWER). Biasanya saat itu pula harga sahamnya akan ikut diapresiasi market.

Dengan harga pelaksaan Right Issue yang sebesar 125 (dan harga ini diserap sepenuhnya oleh sang induk), maka kami menyimpulkan harga tersebut adalah harga yang masih undervalue.

Bergabung dengan Kami

Jangan biarkan peluang investasi ini berlalu begitu saja. Potensi WEHA terbukti cukup kuat, menawarkan proyeksi pertumbuhan yang menggembirakan bagi investor yang tepat. Dengan bergabung di program value investing mastery, Anda akan memiliki akses ke berbagai pengetahuan dan strategi investasi yang dibutuhkan untuk meraih keuntungan di pasar saham.

Apa yang Anda tunggu? Klik gambar di bawah ini untuk memulai perjalanan investasi Anda menuju keberhasilan finansial. Kami menanti Anda dengan ribuan member lainya di grub.

Disclaimer : Informasi yang disediakan dalam artikel ini dimaksudkan untuk tujuan pendidikan dan informasi saja, dan bukan dimaksudkan sebagai saran investasi. Sebelum membuat keputusan investasi, harap konsultasikan dengan penasihat keuangan profesional. Anda bertanggung jawab atas semua keputusan investasi yang Anda buat.

Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter