fbpx

Menghadapi Krisis: Cara Efektif Kelola Portofolio Saham Rugi

Dapatkan tips strategis untuk mengelola portofolio saham Anda saat menghadapi krisis keuangan. Optimalkan investasi dengan langkah cerdas dan terencana.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Mengidentifikasi Dilema Investasi Saat Krisis

Apakah Anda merasa terjebak dengan portofolio saham yang merugi? Banyak investor merasa pusing saat menghadapi kondisi krisis keuangan, terlebih ketika cash mereka habis dan portofolio saham mereka terdepresiasi. Namun, jangan khawatir. Kami memiliki strategi khusus yang dapat membantu Anda mengelola situasi ini.

Langkah Utama dalam Menghadapi Kerugian Portofolio

  1. Memastikan Dana yang Digunakan Adalah Dana Nganggur: Setiap investor harus memahami pentingnya menggunakan dana yang tidak dibutuhkan dalam jangka waktu 3 hingga 5 tahun ke depan untuk investasi. Mengapa? Karena setiap 3 tahun sekali, seringkali terjadi krisis atau crash pasar. Jadi, jangan pernah mengambil risiko dengan dana vital Anda, seperti dana untuk pernikahan atau kebutuhan mendesak lainnya. Jika Anda telah terlanjur menggunakan dana penting, langkah terbaik adalah cutloss, simpan dana Anda, dan hindari penggunaan dana tersebut untuk investasi di masa depan.

  2. Evaluasi Fundamental Perusahaan: Lakukan pengecekan mendalam terhadap fundamental perusahaan yang sahamnya Anda pegang. Prioritaskan perusahaan dengan hutang yang terkontrol, kinerja yang meningkat, dan potensi untuk bertahan dalam krisis. Jika saham perusahaan tersebut sesuai dengan kriteria ini, pertahankan (hold) saham tersebut.

  3. Siapkan Strategi Keluar untuk Saham dengan Fundamental Lemah: Apabila Anda memiliki saham perusahaan dengan hutang besar dan kinerja yang menurun, pertimbangkan untuk segera menjual (cutloss) saham tersebut. Hal ini penting, terutama jika Anda yakin perusahaan tersebut akan kesulitan pulih dari krisis. Timing adalah kunci; lakukan cutloss saat kondisi pasar sedang baik, kecuali jika saham tersebut termasuk saham gorengan.

Read More  CLEO: Membangun Masa Depan dengan Ekspansi 3 Pabrik Baru

Strategi Pembelian Saat Memiliki Cash

Jika Anda masih memiliki cash, pertimbangkan untuk:

  • Membeli saat bearish telah mereda.
  • Membeli secara bertahap untuk memanfaatkan pergerakan harga.
  • Menambah posisi di saham yang sudah Anda miliki, terutama jika perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik (averaging down).

Namun, jika Anda tidak memiliki cash, yang terbaik adalah bersantai dan tidak terus menerus memantau pasar. Pasar selalu dinamis; setelah bearish, pasti akan ada fase bullish dan sebaliknya.

Kemudian apabila kita lihat laba bersihnya juga mengalami kenaikan 11% dari Rp 226 miliar menjadi Rp 250 miliar.

Kesimpulan

Menavigasi dunia investasi saat krisis memang menantang, tetapi dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat meminimalkan kerugian dan memposisikan diri untuk sukses di masa depan. Setelah membaca tips-tips di atas, kami yakin Anda akan lebih percaya diri dalam mengelola portofolio Anda. Apabila Anda tertarik untuk meningkatkan pengetahuan Anda dalam investasi, kami menawarkan program “Value Investing Mastery”. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, klik gambar di bawah ini.
Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter
Kinerja MDKA Q1 2024 Cetak Rugi, Apa Penyebabnya?

Kinerja MDKA Q1 2024 Cetak Rugi, Apa Penyebabnya?

Pelajari penyebab kerugian saham MDKA Q1 2024 dan prospek ke...

Read More  Review Kinerja 5 Saham Yang Masih Undervalue Dalam Watchlist
Read More