fbpx

Menggali Potensi Saham Campina Ice Cream (CAMP)

Temukan peluang investasi terbaik dengan analisis mendalam saham CAMP, harga terkini, dan prospek masa depan

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Pengantar

Campina dikenal dengan kode saham CAMP, merupakan produsen es krim terkemuka sejak berdirinya pada tahun 1972. Pada artikel ini kami akan memberikan gambaran sekilas mengenai kinerja dari saham CAMP kuartal ketiga tahun 2023, atau kinerja terbarunya.

 

Perjalanan Bisnis CAMP

Campina dengan kode saham CAMP adalah produsen es krim dengan merk “Campina” yang berdiri sejak tahun 1972. Bapak Darmo Hadipranoto, pada tanggal 22 Juli 1972 mendirikan Campina. Es krim Campina dimulai sebagai produsen es krim rumahan di Surabaya tahun 1994. Kemudian pada tahun 2017 Campina melaksanakan Initial Public Offering atau IPO dan tercatat sebagai perusahaan terbuka yang terdaftar pada bursa efek Indonesia dengan kode saham CAMP.  Campina memiliki 6 produk es krim, yaitu Es krim stick, Es krim cup, Es krim Cone, Es krim Family pack, Es potong dan Es bulk.

 

Sebelum melihat kinerja perusahaannya, kita lihat terlebih dahulu pergerakan harga saham CAMP jangka panjang, di mana CAMP baru melakukan IPO tahun 2016 lalu. Setelah IPO harga saham CAMP naik ke level Rp1.700an/lembar saham. Kemudian pada tahun 2018 harga saham CAMP terkoreksi hingga menyentuh di level harga Rp300/lembar saham. Pada tahun 2019 harga saham CAMP kembali naik hingga menyentuh level harga Rp700/lembar saham. Hingga akhirnya terkoreksi cukup dalam hingga menyentuh level harga Rp100an/lembar saham di tahun 2020. Hal ini juga terjadi karena dampak dari adanya pandemi covid-19. Hingga Artikel ini di tulis, harga saham CAMP berada di level Rp384/lembar saham. Pada harga tersebut memiliki valuasi PBV sebesar 2,41x dengan PER 14,34x.

Read More  Review Kinerja 5 Saham Yang Masih Undervalue Dalam Watchlist

Apabila kita lihat dari pemegang saham CAMP, kepemilikan saham dari masyarakat umum sebesar 7,97%, kemudian Tn. Sabana Prawirawidjaja memiliki persentase kepemilikan terbanyak sebesar 83,94%. Kemudian NY Justiani Hadipranoto sebesar 5,06%, Tn Hendro Hadipranoto 1,52% dan Ny Listijani Hadipranoto 1,51%. Bisa kita lihat pemegang saham dari CAMP ini masih dalam satu keluarga Hadipranoto.

Kemudian kita bahas neracanya, dimana yang perlu kita lihat pertama yaitu jumlah kas nya, dimana kas yang dimiliki oleh CAMP sebesar 503 Miliar. Apabila kita bandingkan dengan jumlah assetnya, bisa dikatakan Kas milik CAMP ini cukup besar, sekitar 50% dari total asset adalah Kas.  

Kemudian pada pos liabilitas, apabila kita bandingkan total liabilitas jangka pendek dan jangka panjangnya sebesar 138 Miliar dengan kas yang ada saat ini, perusahaan masih mampu untuk melunasi semua kewajibannya tersebut. Apabila kita lihat ekuitas yang dimiliki CAMP sebesar 935 Miliar juga bisa dikatakan cukup besar. CAMP ini tidak memiliki hutang bank sama sekali dengan DER 0% sejak tahun 2018 lalu.

Kinerja Perusahaan

Selanjutnya kita masuk kinerja perusahaannya. Per September tahun 2023 lalu, CAMP membukukan kinerja penjualan naik tipis sebesar 2% dari 858 Miliar menjadi 872 Miliar. Laba kotor CAMP juga naik 6% dari 481 Miliar naik menjadi 509 Miliar. Sehingga CAMP mampu membukukan kinerja laba bersih naik sebesar 7% dari 104 Miliar menjadi 112 Miliar.

Apabila kita breakdown dari pos penjualan bersih, kita melihat bahwa penjualan per September tahun 2023 ini sebesar 884 Miliar, namun terpotong oleh retur penjualan sebesar 6,5 Miliar dan juga potongan harga penjualan sebesar 5,4 Miliar.

Secara historis jangka panjang, sebenarnya pendapatan dari CAMP sendiri bisa dikatakan stagnan, antara 900 Miliar hingga 1 Triliun. Namun pada tahun 2022 lalu CAMP mampu membukukan kinerja pendapatan 1,1 Triliun yang menjadikan pendapatan All Time High sejak tahun 2016. Pada full year tahun 2023 kami memproyeksikan pendapatan CAMP naik 5% menjadi 1,18 Triliun. Apabila skenario ini berjalan dengan baik maka pendapatan full year tahun 2023 akan menjadi pendapatan All Time Highnya sejak tahun 2016.

 

Kemudian pada sisi laba bersih, pada tahun 2020 CAMP membukukan kinerja laba bersih terendah sejak tahun 2016 yaitu 44 Miliar. Salah satu penyebab penurunan laba tersebut karena adanya dampak dari pandemi covid-19. Kemudian pada tahun 2021 CAMP mampu membukukan laba bersih naik 125% menjadi 99,2 Miliar. Pada tahun 2022 CAMP membukukan kinerja laba bersih naik 22% menjadi 121,2 Miliar. Sehingga kami memproyeksikan full year tahun 2023 ini CAMP mampu membukukan laba bersih sebesar 157 Miliar, dan menjadi laba bersih All Time High sejak tahun 2016 lalu.

 

Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa neraca CAMP sangat sehat dengan kas yang besar, dengan kinerja kuartal ketiga tahun 2023 yang naik kami memproyeksikan kinerja pendapatan maupun kinerja laba bersih full year tahun 2023 akan mencapai All Time Highnya sehingga harapan kami harga saham CAMP ikut naik sesuai dengan kenaikan kinerjanya.

Kami menyarankan bagi para investor yang ingin membeli saham sebaiknya melakukan analisa ulang terlebih dahulu. Kami tidak menyarankan untuk all in di satu saham saja, kami sarankan untuk melakukan diversifikasi saham. Pertimbangkan untuk bergabung dengan program Value Investing Mastery kami agar Anda mendapatkan kesuksesan finansial. Klik gambar di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Read More  Harga Ayam Turun, Analisa Kinerja Saham CPIN
Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter