fbpx

Investasi dalam Gajah Tunggal (GJTL) : Peluang Investor dengan Potensi Pertumbuhan yang Signifikan

Anda mungkin sudah familiar dengan Gajah Tunggal (GJTL), sebuah perusahaan yang bergerak di industri ban. Saat ini, harga saham GJTL telah mencapai level 700, dan meskipun telah mengalami kenaikan, kami percaya bahwa saham ini masih memiliki potensi untuk dibeli selama harganya berada di bawah 800.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini.

Manfaat Investasi dalam Gajah Tunggal (GJTL) untuk Investor: Peluang Membeli Saham dengan Potensi Pertumbuhan yang Signifikan

Jika melihat sejarah pergerakan harganya, pada tahun 2013-2014, saham GJTL mencapai titik tertingginya di level harga 3600. Namun, pada tahun 2015, harga saham tersebut jatuh drastis ke level 400. Setelah itu, pada tahun 2017, harga saham GJTL kembali mengalami kenaikan. Namun, pada tahun 2020, harga sahamnya turun akibat dampak pandemi COVID-19.

Namun, penting untuk tidak hanya memperhatikan pergerakan harga saham. Untuk memahami potensi investasi dalam GJTL, perlu dianalisis juga kinerja perusahaan secara keseluruhan. Kami akan memberikan analisis mengenai kinerja laba dan pendapatan GJTL yang dapat menjadi pertimbangan bagi para investor.

Data yang kami kumpulkan menunjukkan bahwa penjualan produk GJTL masih didominasi oleh pasar domestik. Namun, hal menarik yang perlu diperhatikan adalah fokus perusahaan pada pasar ban pengganti. Pada kuartal pertama tahun 2021 dan kuartal pertama tahun 2022, penjualan ban pengganti mencapai 90% dibandingkan dengan penjualan produk OEM. Hal ini menunjukkan keberhasilan GJTL dalam menjaga fokusnya pada produk ban pengganti, sehingga perusahaan tidak terlalu bergantung pada penjualan mobil atau motor. Bahkan jika terjadi penurunan penjualan kendaraan, pasar ban pengganti masih dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi GJTL.

Mari kita fokus pada pendapatan dan laba GJTL. Pada kuartal pertama tahun 2023, penjualan bersih GJTL mengalami kenaikan tipis sebesar 5%. Selain itu, laba kotor juga mengalami peningkatan sebesar 37%, sementara laba bersih periode tersebut mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 272%. Kenaikan laba bersih ini terjadi karena keuntungan dari selisih kurs mata uang asing. Pada kuartal pertama tahun 2022, GJTL mengalami rugi sebesar 12 Miliar akibat selisih kurs mata uang asing, namun pada kuartal pertama tahun 2023, perusahaan berhasil mencatatkan keuntungan sebesar 107 Miliar dari selisih kurs mata uang asing. Keuntungan lain juga berkontribusi pada peningkatan laba pada periode tersebut.

Jika melihat secara historis, pendapatan GJTL mengalami penurunan pada tahun 2020 akibat pandemi COVID-19. Namun, pada tahun 2021, GJTL mampu mencatatkan kinerja yang mengalami peningkatan, dan pada tahun 2022, pendapatan perusahaan mencapai titik tertingginya sejak tahun 2013. Hal yang menarik adalah pada tahun 2022, meskipun volume produksi ban hampir sama dengan tahun 2016, yaitu sekitar 39 juta ban, pendapatan GJTL mencapai rekor tertingginya. Hal ini disebabkan oleh kenaikan harga ban dari tahun ke tahun. Namun, pada tahun 2022, laba bersih GJTL mengalami penurunan akibat perbedaan selisih kurs mata uang asing.

Berdasarkan analisis yang telah kami berikan, dapat disimpulkan bahwa kenaikan laba bersih pada kuartal pertama tahun 2023 disebabkan oleh keuntungan dari selisih kurs mata uang asing. Kinerja perusahaan selama tiga kuartal terakhir menunjukkan tren peningkatan dan terkonfirmasi dalam fase TURNAROUND. Secara valuasi, harga saham GJTL yang saat ini masih berada di bawah 800 dapat dianggap murah.

Keypoint penting pada GJTL adalah pertumbuhan laba bersih dan laba bersih selisih kurs mata uang pada kuartal kedua tahun 2023 harus terus meningkat. Bagi para investor yang tertarik, disarankan untuk melakukan pembelian lump sum. Namun, perlu diingat bahwa jika kinerja GJTL mengalami penurunan pada kuartal kedua tahun 2023, posisi dapat dikurangi.

Dalam rangka memperdalam pengetahuan dan pemahaman Anda mengenai value investing, kami mengundang Anda untuk bergabung dalam program Value Investing Mastery. Klik gambar di bawah ini untuk bergabung sekarang dan mulailah perjalanan Anda menuju investasi yang cerdas.

Dengan melihat potensi pertumbuhan Gajah Tunggal (GJTL) dan kinerja positif yang telah terkonfirmasi, tidak ada waktu yang lebih baik untuk menjadi bagian dari perusahaan ini. Bergabunglah sekarang dan jadilah bagian dari kesuksesan GJTL dalam industri ban.

Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter
Read More  BUMI Resources: Laba Bersih dan Pendapatan Meningkat, Peluang Investasi yang Menarik