Indibiz: Solusi Digital Baru TLKM untuk Dorong UKM Go Global

Apakah Anda tahu PT Telkom Indonesia (TLKM) kini tengah memperkenalkan produk solusi digital yang revolusioner bernama Indibiz? Produk ini menjadi titik fokus TLKM dalam segmen bisnis ke bisnis (B2B), dan sangat ditujukan untuk memfasilitasi dan mendorong pertumbuhan sektor UKM di Indonesia.

Indibiz, produk digital TLKM, memfasilitasi UKM Indonesia untuk Go Global. Dapatkan info lengkap tentang pilar, manfaat, dan peluang Indibiz di sini

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Produk Solusi Digital TLKM: Apa Sebenarnya Tujuannya?

PT Telkom Indonesia (TLKM) saat ini akan berfokus mengerjakan segmen business to business (B2B). Dimana TLKM memperkenalkan produk solusi digital yang baru, yaitu Indibiz. Produk baru tersebut akan ditujukan untuk segmen small medium enterprise (SME) atau UKM.

Indibiz sendiri merupakan sebuah ekosistem solusi digital dunia usaha Indonesia, yang akan membuat UKM Indonesia bisa Go Global dengan 4 pilar yaitu Solusi platform & layanan digital, Kolaborasi bersama start up dan para developer yang memiliki tujuan solusi kemajuan UKM, Kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan, serta Kolaborasi bersama komunitas dunia usaha yang bertujuan meningkatkan produktivitas UKM.

Fungsi dan Manfaat Indibiz bagi UKM

Dengan adanya Indibiz, diharapkan bisnis-bisnis kecil dan menengah dapat lebih cepat bertransformasi digital, meningkatkan produktivitas kerja, serta memperluas akses pasar di kancah global. Semua fasilitas ini disediakan untuk membantu pelaku usaha agar bisa lebih inovatif dalam memajukan usahanya.

Pergeseran Fokus TLKM dan Harapan Masa Depan

Adanya Indibiz tersebut diharapkan bisa mempercepat proses digital bisnis, meningkatkan produktivitas kerja, serta bisa memperlebar akses pasar pada kancah global, yang tentunya untuk membantu para pelaku usaha agar bisa lebih inovatif untuk membesarkan usaha yang dimiliki.

Segmen UKM bukan hal baru untuk perusahaan Telkom, selama ini perusahaan belum fokus untuk mengembangkan pasar UKM, dimana sebelumnya untuk B2B TLKM ini lebih ke enterprise dan governance. Namun, setelah adanya penggabungan IndiHome ke Telkomsel, perusahaan akan menarget pasar UKM.

Produk baru tersebut diharapkan oleh perusahaan agar saat ini bisa lebih dikenal para pelaku UKM.  TLKM akan menyediakan sebuah solusi platform dan layanan digital untuk UKM, yang akan dilakukan dengan berkolaborasi bersama start up.

Capaian dan Target Masa Depan

Pada tahun 2022 Telkom memiliki pelanggan UKM sebesar 377.894, dan saat ini sudah 400.000 UKM. Saat ini manajemen belum bisa menyampaikan target kontribusi dari Indibiz kepada total pendapatan TLKM. Akan tetapi manajemen berharap jika segmen B2B mampu berkembang lebih baik dan bisa mengurangi beban usaha.

TLKM yang akan fokus terhadap B2B mengharapkan jika pendapatan perusahaan kedepannya bisa mencatatkan kenaikan, kemudian bisa menjadi sebuah peluang baru untuk perusahaan.

Pada kuartal pertama tahun 2023, jumlah pendapatan dari segmen enterprise sendiri sebesar Rp 4,49 triliun, berkontribusi sebesar 12,4% dari total pendapatan TLKM. Angka tersebut naik 7,58% dari periode yang sama tahun 2022 sebesar Rp 4,17 triliun.

Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang potensi value investing pada PT Telkom Indonesia dan produk solusinya, Indibiz? Bergabunglah bersama kami dalam program Value Investing Mastery. Klik gambar di bawah ini untuk memulai perjalanan investasi yang menguntungkan bersama kami.

Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter