fbpx

Harga Logam Mulia Juli 2023 Naik: Alasan Utamanya!

Pahami penyebab kenaikan harga emas dan perak pada Juli 2023, serta pengaruhnya pada strategi investasi. Pelajari cara memanfaatkan situasi ini.Hingga tanggal 21 Juli 2023 ini logam mulia emas dan perak tercatat mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan akhir bulan Juni 2023.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Kenaikan Signifikan dalam Harga Komoditas Logam Mulia

Merasa bingung dengan fenomena yang baru-baru ini terjadi di pasar logam mulia? Tidak perlu khawatir, kita akan mencoba untuk merangkum dan menjelaskan fenomena ini dengan jelas dan komprehensif. Sampai tanggal 21 Juli 2023, komoditas emas dan perak mencatat kenaikan yang signifikan dibandingkan akhir Juni 2023. Alasan utama kenaikan tersebut adalah sejumlah sentimen global yang cukup kuat.

Pembalikan Harga Emas: Inflasi dan Suku Bunga

Hingga tanggal 21 Juli 2023 ini logam mulia emas dan perak tercatat mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan akhir bulan Juni 2023. Kedua logam mulia tersebut kembali mengalami kenaikan disebabkan karena adanya beberapa sentimen global. Saat ini harga emas di level di US$ 1.972,2 per ons troi, angka tersebut naik 2,74% jika dibandingkan dengan akhir bulan Juni 2023 yang ada di level di US$ 1.919,5 per ons troi.
Read More  Review Kinerja 5 Saham Yang Masih Undervalue Dalam Watchlist

Kenaikan harga emas tersebut disebabkan karena angka inflasi di Amerika Serikat yang menurun ke 3%, dari sebelumnya 4,1%. Penurunan inflasi tersebut diharapkan bisa membuat suku bunga yang rendah. Dengan suku bunga yang rendah tersebut bisa mengurangi nilai mata uang dan membuat investor pindah ke aset investasi lain, seperti emas. Suku bunga yang menurun tersebut juga menyebabkan yield investasi turun dan terlihat kurang menarik untuk investor, sehingga investor akan pindah ke aset investasi lain, dan menyebabkan permintaan emas bisa naik, sehingga pada bulan Juli ini harganya tercatat naik.

Kenaikan Harga Perak: Pasokan dan Permintaan

Sedangkan untuk harga perak saat ini berada di US$ 24,8 per ons troi, terdapat kenaikan sebesar 9% dibandingkan pada akhir bulan kemarin di angka US$ 22,75 per ons troi. Di saat dolar yang sedang menurun, harga perak mengalami kenaikan.

Mengapa Perusahaan Logam Mulia Menjadi Menarik Investor?

Adanya kekhawatiran terhadap pasokan perak menyebabkan harganya naik. Dengan permintaan dari industri yang terus bertambah diikuti dengan kurangnya produksi tambang di dunia, bisa menjadikan pasokan logam mengalami defisit. Saat ini panel surya sendiri masih berkontribusi kecil untuk mempengaruhi permintaan perak, akan tetapi permintaan tersebut sedikit demi sedikit mengalami kenaikan. China akan melakukan pemasangan panel surya yang lebih banyak tahun 2023 ini, sehingga mendorong kenaikan permintaan perak. Kenaikan harga perak tersebut juga disebabkan karena inflasi di Amerika Serikat yang melemah, karena perak juga sebagai aset lindung nilai. Dengan hal tersebut memperlihatkan jika penurunan inflasi di Amerika Serikat tersebut, mempengaruhi kenaikan logam mulia seperti emas dan perak. Saat suku bunga mengalami penurunan, akan ada kenaikan harga emas dan perak.
Read More  Apa Itu Strategi Konsentrasi Saham? 3 Cara Melakukannya!
Saat suku bunga mengalami penurunan, akan menjadi kurang menarik untuk investor ketika berinvestasi di aset yang memberikan keuntungan dengan bunga yang rendah. Dengan hal tersebut, tentunya investor akan memiliki pilihan untuk pindah ke logam mulia seperti emas dan perak, yang dimana kedua aset tersebut merupakan aset safe haven. Emas dan perak merupakan sebuah aset yang tidak memberikan keuntungan seperti bunga atau dividen. Suku bunga yang turun tersebut juga bisa membuat nilai mata uang pada suatu negara terdepresiasi. Kedua logam mulia tersebut merupakan aset fisik yang memiliki nilai intrinsik sebagai lindung saat nilai mata uang mengalami penurunan, sehingga membuat para investor tertarik membeli, dan menyebabkan kenaikan permintaan.

Ketahui lebih lanjut

Pahami bahwa pengetahuan tentang pasar adalah kunci utama dalam membuat keputusan investasi yang tepat. Jika Anda merasa informasi ini bermanfaat dan ingin mendalami lebih lanjut tentang investasi logam mulia, mengapa tidak mencoba program Value Investing Mastery? Klik gambar di bawah ini untuk bergabung dan mulai meningkatkan keahlian investasi Anda hari ini!
Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter
Kinerja MDKA Q1 2024 Cetak Rugi, Apa Penyebabnya?

Kinerja MDKA Q1 2024 Cetak Rugi, Apa Penyebabnya?

Pelajari penyebab kerugian saham MDKA Q1 2024 dan prospek ke...

Read More  Investasi dalam Gajah Tunggal (GJTL) : Peluang Investor dengan Potensi Pertumbuhan yang Signifikan
Read More