fbpx

ELSA Saham Potensial: Analisis Kenaikan Harga Minyak

Analisis mendalam saham Elnusa (ELSA) di tengah lonjakan harga minyak 2023. Pelajari sejarah, kinerja terbaru, dan proyeksi masa depan. Investasi cerdas di saham ELSA.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Kenaikan harga minyak dunia

Kenaikan harga minyak dunia sekitar 25% dalam 2 bulan terakhir tentunya menjadi isu utama di pasar keuangan. Bagi investor, memahami dampak kenaikan ini pada saham-saham terkait minyak dan gas adalah esensial.

Seiring dengan lonjakan harga minyak, banyak emiten yang berhubungan dengan minyak bumi mengalami kenaikan harga saham. Tetapi, apakah semuanya memiliki potensi kenaikan lebih lanjut?

Saham Elnusa (ELSA) menarik perhatian khusus kami. Dengan melihat sejarah dan kinerja terbaru dari saham ini, ada sejumlah argumen kuat yang menunjukkan potensi kenaikannya kembali ke puncak.

Harga Saham ELSA

Kami selalu melihat harga saham dalam jangka panjang bukan jangka pendek karena memang kami sendiri fokusnya adalah untuk investasi jangka panjang. Kita lihat pergerakan harga saham Elnusa atau saham ELSA secara jangka panjang di mana jika kita lihat posisi tertingginya yaitu di tahun 2014 menyentuh level harga sekitar Rp 720/lembar saham. Kemudian berangsur-angsur turun di tahun 2016 hingga tahun 2020 dan mencapai di harga bawah Rp 120/lembar saham. Sebelum akhirnya sampai saat ini ya masuk tahun 2023 ini harga sahamnya mencapai level Rp 414/lembar saham. Nah sekarang pertanyaannya apakah bisa harga saham Elnusa ini kembali ke level tertingginya yaitu di Rp 720/lembar saham. Kami selalu berpendapat jawabannya sangat bisa dengan catatan bahwa kinerjanya harus lebih baik dibandingkan tahun 2014 lalu. Untuk itulah kita perlu analisa secara fundamentalnya.

Analisa Fundamental ELSA

Pada kinerja perusahaan di mana posisi Kuartal 2 2023 ELSA membukukan kinerja yang bagus dengan pendapatannya naik 8% dari Rp 5,4 triliun menjadi Rp 5,8 triliun. Kemudian laba brutonya naik 18% dari Rp 468 miliar menjadi Rp 553 miliar. Di sini memang kita lihat gross profit marginnya kecil di mana jika kita lihat omset Rp 5,8 triliun hanya menghasilkan laba bruto Rp 500 miliar. Karena memang ini adalah perusahaan jasa di mana beban pokok pendapatannya adalah jasa subkontrak kemudian ini juga ada bisnis distribusi yang di mana memang marginnya kecil maka saya pun memakluminya ya alias tidak masalah kalau gross profit marginnya kecil yang penting buat saya adalah kinerjanya tumbuh kinerjanya naik.

Apabila kita lihat kinerja dari ELSA ini secara jangka panjang akan terlihat seperti ini, kita proyeksikan sampai akhir tahun 2023 pendapatan dari ELSA menyentuh Rp 1,9 triliun, di mana ini adalah pendapatan tertingginya atau pendapatan all time high-nya. Kemudian laba bersihnya pun juga demikian kita proyeksikan sampai akhir tahun nanti dengan perkiraan atau proyeksi yang konservatif kurang lebih ELSA seharusnya bisa menghasilkan laba sekitar Rp 491 miliar yang di mana Ini juga menjadi laba tertingginya. bahkan lebih tinggi dibandingkan tahun 2014 lalu saat harga sahamnya menyentuh level harga Rp 700/lembar saham.

Selain kita sudah melihat kinerja perusahaannya, kita tetap harus memperdalam dan memperjelas lagi, kira-kira di tahun 2014 lalu apa atau kontribusi yang mana yang membuat kinerjanya sangat bagus. Maka dari itu kita harus lihat lebih dalam dari ELSA.

Kepemilikan ELSA atau shareholders dimana induk dari ELSA adalah Pertamina hulu energi. Pertamina hulu energi ini memiliki 51,1% kepemilikan saham ELSA kemudian publik memiliki sekitar 48,9% dari kepemilikan ELSA itu sendiri sedangkan untuk induk utamanya adalah Pertamina. PT Pertamina persero ini memiliki hampir 100% dari kepemilikan atau saham Pertamina hulu energi dan Pertamina hulu energi memiliki 51,1% kepemilikan ELSA atau saham dari ELSA.

ELSA sendiri memiliki tiga segmen bisnis utama yaitu upstream oil and gas services, kemudian ada energy distribution and logistic services, dan support services. Di mana kalau kita lihat dari tiga segmen ini ada jasa hulu migas jasa distribusi dan jasa penunjang migas, dapat diibaratkan ELSA ini punya bisnis yang terintegrasi dari hulu ke hilir tetapi Elnusa ini kalau kita lihat bisnisnya adalah bisnis jasa pertambangan minyak. Jadi ELSA bukan pemilik sumur dapat diartikan lebih ke supporting oil and gasnya.

Read More  Kenaikan Harga Beras Indonesia: Dampak pada NASI & HOKI

ELSA sendiri memiliki tiga segmen bisnis utama yaitu upstream oil and gas services, kemudian ada energy distribution and logistic services, dan support services. Di mana kalau kita lihat dari tiga segmen ini ada jasa hulu migas jasa distribusi dan jasa penunjang migas, dapat diibaratkan ELSA ini punya bisnis yang terintegrasi dari hulu ke hilir tetapi Elnusa ini kalau kita lihat bisnisnya adalah bisnis jasa pertambangan minyak. Jadi ELSA bukan pemilik sumur dapat diartikan lebih ke supporting oil and gasnya.

Alasan yang membuat kami optimis bahwa jasa hulu migas ini tetap akan bagus bahkan hingga tahun depan, yang pertama adalah sentimen mengenai harga minyak yang naik harga minyak dunia naik secara otomatis masyarakat berlomba bahkan pemerintah kita juga akan berlomba untuk memproduksi minyak sebesar-besarnya. Karena produksinya naik dengan adanya permintaan naik otomatis jasa dari ELSA juga akan dipakai dan otomatis bisa membuat kinerja dari segmen jasa hulu migasnya naik. Kemudian yang kedua adalah pemerintah Indonesia menargetkan bahwa di tahun 2030 nanti pemerintah Indonesia bisa memproduksi minyak sebanyak 1 juta BOPD atau Barrel oil per Day jadi 1 juta barel per hari. Sedangkan untuk saat ini kisaran masih sekitar 500.000an barel per harinya. Untuk itulah kami optimis Jasa ELSA masih akan terus dipakai.

Bicara mengenai valuasi di harga Rp 420/lembar saham masih menuju dan valuasi PBV 0,7 kali di mana kalau katakanlah kita pakai acuan PBV satu kali maka seharusnya harga sahamnya bisa berada di level harga Rp 600/lembar saham dengan catatan kinerjanya tetap terus tumbuh.

Kesimpulan

Sebagai anak perusahaan dari Pertamina Hulu Energi yang memiliki 51,1% saham ELSA, Elnusa memiliki posisi strategis di industri. Tiga segmen bisnis utama ELSA – upstream oil and gas services, energy distribution and logistic services, dan support services – memberikan diversifikasi pendapatan dan potensi pertumbuhan.
Read More  Kinerja Operasional AMMN Turun Tapi Masuk Indeks MSCI
Kami melihat bisnis jasa hulu migas sebagai segmen dengan potensi pertumbuhan tertinggi, terutama dengan sentimen positif mengenai harga minyak dunia dan target produksi minyak Indonesia di tahun 2030. Dengan kinerja yang kuat dan posisi strategis di industri, kami percaya bahwa ELSA memiliki potensi untuk kembali ke level tertingginya. Meskipun sudah naik, valuasi ELSA pada harga Rp 420/lembar saham dengan PBV 0,7 kali menunjukkan masih adanya ruang untuk pertumbuhan. Jika Anda ingin memahami lebih lanjut tentang strategi investasi jangka panjang dan bagaimana memaksimalkan potensi saham seperti ELSA, jangan ragu untuk bergabung dengan program kami, “Value Investing Mastery”. Klik gambar di bawah ini untuk memulai perjalanan investasi Anda bersama kami. .
Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter