fbpx

Dampak Turunnya Harga CPO Terhadap Astra Agro 2023

Analisis mendalam mengenai bagaimana penurunan harga CPO di tahun 2023 mempengaruhi kinerja PT Astra Agro Lestari (AALI). Pelajari faktor, dampak, dan proyeksi kedepannya.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Masalah

Harga CPO (Crude Palm Oil) yang selama ini menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia, mengalami penurunan tajam di tahun 2023. Menurut data dari MPOB (Malaysia Palm Oil Board), pada 7 Agustus 2023, harga CPO berada di level RM 3.798,5/ton. Ini menunjukkan penurunan signifikan sekitar 7,7% year on year (yoy). Di tahun yang sama, harga terendah yang dicatat adalah RM 3.331/ton, dan dari awal tahun hingga saat ini, penurunannya mencapai sekitar 6%.

Dampak

Dampak dari penurunan harga CPO ini sangat terasa bagi PT Astra Agro Lestari (AALI). Harga CPO yang mengalami penurunan di tahun 2023 ini membuat PT Astra Agro Lestari (AALI) terkena dampaknya, dimana perusahaan pada kuartal kedua tahun 2023 ini mencatatkan kinerja yang kurang baik. Pendapatan AALI pada kuartal kedua tahun 2023 turun 14,3% menjadi Rp 9,39 triliun, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 sebesar Rp 10,9 triliun. Beban pokok pendapatan yang hanya turun 8,5% saja membuat laba bruto perusahaan tercatat turun sebesar 43,5% menjadi Rp 1,02 triliun.

Pendapatan yang turun tersebut berasal dari penjualan minyak sawit mentah dan turunannya yang tercatat turun 9% menjadi Rp 8,65 triliun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022, kemudian penjualan inti sawit dan turunannya mengalami penurunan 50,3% menjadi Rp 698,8 miliar. Sedangkan dari penjualan lainnya turun 1,7% menjadi Rp 39 miliar.

Sedangkan untuk laba bersihnya, tercatat turun 54,6% menjadi Rp 367,5 miliar dibandingkan dengan sebelumnya sebesar Rp 809,3 miliar.

Sementara dari arus kas aktivitas operasi tercatat mengalami kenaikan sebesar 233,3% menjadi Rp 779,2 miliar, dibandingkan sebelumnya tercatat negatif sebesar Rp 584,8 miliar.

Penyebab & Fluktuasi Pasar

Salah satu faktor yang membayangi harga CPO adalah fenomena El Nino.

Dampak dari adanya El Nino masih membayangi harga CPO, El Nino sendiri bisa membuat kenaikan harga minyak kelapa sawit (CPO). Dikarenakan cuaca yang buruk dari El Nino bisa menurunkan hasil produksi dan pasokan CPO, dengan pasokan yang rendah tersebut akan membuat kenaikan harga CPO. Perusahaan dengan usaha minyak kelapa sawit kemungkinan besar akan mendapatkan tantangan adanya ketidakpastian pasar saat El Nino terjadi, disebabkan adanya fluktuasi pada pasokan dan harga CPO.

Pada perdagangan hari Selasa, 8 Agustus 2023. Pergerakan harga saham AALI tercatat ditutup di harga Rp 7.650/lembar saham, sepanjang tahun 2023 ini harga sahamnya sudah turun sekitar 4,7%. Dengan harga saham tersebut, valuasi PBV AALI berada di level 0,69x, sementara untuk PER di level 18,95x. Secara historis valuasi PBV tersebut merupakan yang terendah sejak 2013, hal tersebut juga disebabkan karena ROE perusahaan juga turun karena kinerjanya saat ini yang sedang turun.

Kesimpulan

Penurunan harga CPO di tahun 2023 telah memberikan dampak signifikan terhadap kinerja PT Astra Agro Lestari (AALI). Dengan tantangan yang ada, bagaimana strategi perusahaan ke depannya?

Jika Anda ingin mendalami lebih lanjut tentang dunia saham dan investasi, terutama di sektor perkebunan kelapa sawit, bergabunglah dengan program kami, “Value Investing Mastery”. Klik gambar di bawah ini untuk bergabung dan memaksimalkan potensi investasi Anda!

Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter