fbpx

Cara HOLD Saham Sampe CUAN 120%: Honest Story MAPA

Pelajari strategi saya dalam berinvestasi pada saham MAPA yang menghasilkan cuan 1 bagger. Temukan cara memantau dan menganalisis kinerja saham.

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Menghadapi Problem: Turunnya Nilai Saham

Bagaimana rasanya membeli saham dan kemudian melihat nilainya turun? Bukan hanya berkurang sedikit, tapi sampai -20% dalam hitungan bulan? Itulah yang terjadi setelah kami membeli saham MAP Active (MAPA) pada Agustus 2022. Kami harus berhadapan dengan kenyataan pahit bahwa setelah 3 bulan investasi kami, saham yang kami pegang bukan menghasilkan keuntungan, tetapi malah terperosok.

Tetap Berinvestasi

Kami mempertahankan posisi kami dan terus memantau perkembangan. Dan apa yang terjadi selanjutnya? Dimulai pada bulan November 2022 harga saham MAPA mengalami kenaikan hingga saat ini. Apabila dilihat sejak pertama kali membeli saham MAPA, sudah 11 bulan kami hold MAPA sehingga MAPA bisa mencapai 1 bagger. Menurut kami, kenaikan MAPA hingga 1 bagger ini sangat bagus.

Pada tanggal 25 Juli 2023 harga saham MAPA menyentuh level harga Rp 765/lembar saham. Level harga ini sudah mendekati harga All time high nya. Kami sendiri masih optimis harga saham MAPA ini masih bisa naik. Dengan catatan skenarionya masih berjalan sesuai rencana.

Read More  Memilih Saham Bagus: Kriteria Membeli Saham Perusahaan Bagus

Solusi: Memahami Kinerja Perusahaan

Bagaimana kami bisa melihat kemungkinan perubahan ini? Kami selalu memantau kinerja perusahaan. Kami melihat bahwa kinerja per saham MAPA secara kuartalan selalu naik hingga kuartal keempat tahun 2022. Pada tanggal 25 Juli 2023 harga saham MAPA menyentuh level harga Rp 765/lembar saham. Level harga ini sudah mendekati harga All time high nya. Kami sendiri masih optimis harga saham MAPA ini masih bisa naik. Dengan catatan skenarionya masih berjalan sesuai rencana.

Saat membeli saham kami melihat kinerjanya. Dimana kinerja secara kuartalan selalu naik hingga kuartal keempat tahun 2022. Namun pada kuartal pertama tahun 2023 kinerja saham MAPA mengalami penurunan, penurunan kinerja ini sebenarnya wajar bagi saham MAPA, karena siklus setiap kuartal pertama kinerjanya akan mengalami penurunan.

Di kuartal pertama tahun 2023 secara kuartalan memang mengalami penurunan, namun apabila kita lihat secara tahunan dibandingkan kuartal pertama tahun 2022. Kinerja pendapatan saham MAPA mengalami kenaikan sebesar +42% diikuti laba kotor naik +53% dan laba bersih naik +62%. Sehingga kami meyakini, penurunan kinerja secara kuartalan adalah bersifat temporer, tapi yang kami liat adalah kinerja hingga akhir tahun nanti.

Di kuartal pertama tahun 2023 secara kuartalan memang mengalami penurunan, namun apabila kita lihat secara tahunan dibandingkan kuartal pertama tahun 2022. Kinerja pendapatan saham MAPA mengalami kenaikan sebesar +42% diikuti laba kotor naik +53% dan laba bersih naik +62%. Sehingga kami meyakini, penurunan kinerja secara kuartalan adalah bersifat temporer, tapi yang kami liat adalah kinerja hingga akhir tahun nanti.

Hitungan kami saat menggunakan proyeksi yang konservatif hingga akhir tahun penjualan naik 10% saja, dan laba bersih naik 30%. Nah proyeksi inilah yang akan menjadi acuan untuk kami, apakah saham MAPA masih layak hold atau tidak. Lalu apa yang membuat kami yakin saham MAPA dapat menumbuhkan laba hingga 30%?

Read More  Saham AKRA: Analisis Harga dan Penyebab Penurunan Terkini

Disinilah kita perlu mempelajari bisnisnya, kita perlu membaca annual report, public expose dan laporan keuangan yang terakhir. Setelah kami yakin laba bersihnya naik 30% selanjutnya tinggal ditunggu saja rilis laporan keuangan kuartal keduanya. Apabila kuartal keduanya bagus dan masih memiliki potensi kenaikan laba bersih mencapai 30% maka kami masih hold, dan apabila itu tidak memiliki potensi kenaikan laba bersih maka kami akan melakukan take profit. Kenapa jika laba bersih Perusahaan naik 30% kami tetap hold? karena dengan kenaikan 30% tersebut artinya MAPA dapat menembus all time high nya dengan mencetak ROE mencapai 33%. Dimana ini ROE tertinggi semenjak saham MAPA IPO. Secara valuasi dengan harga saham menyentuh level harga Rp 800/lembar saham valuasi mencapai 4,9x dengan PER 15x sehingga valuasi tersebut bukan menjadi valuasi yang murah lagi. Tetapi valuasi yang tidak murah lagi masih bisa ditoleransi apabila kinerjanya masih naik. 

Sebagai investor, kami selalu mencari peluang dan menggunakan data dan analisis untuk membuat keputusan kami. Kami percaya bahwa pengetahuan dan pemahaman tentang bisnis dan pasar adalah kunci sukses investasi.

Penutup

Investasi saham bukanlah tentang mencari kemenangan instan, tetapi lebih kepada strategi jangka panjang yang didasarkan pada analisis dan pemahaman yang baik terhadap bisnis dan pasar. Jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang strategi dan metode yang kami gunakan dalam berinvestasi saham, kami mengundang Anda untuk bergabung dengan program kami, “Value Investing Mastery”. Cukup klik gambar di bawah ini untuk mendaftar. Mari bersama-sama kita wujudkan impian kebebasan finansial melalui investasi saham.

Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter
Read More  Resesi, Suku Bunga Tinggi dan Kurs Rupiah Melemah Akhir Tahun 2022