fbpx

BMTR Rencanakan Private Placement. Buat Apa dan Bagaimana Imbasnya?

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Pengantar

Dalam waktu dekat BMTR rencanakan private placement, dengan menerbitkan sebanyak 1.66 miliar lembar saham baru atau setara 10% dari total saham yang ditempatkan dan disetor penuh. Saham yang bergerak di sektor media, sekaligus pegangan investor kawakan – Lo Kheng Hong ini memang tengah berupaya mempertahankan posisinya sebagai pemimpin industri media. Lantas apa yang menjadi tujuan utama BMTR melakukan private placement? Bagaimana pula imbasnya ke depan?

BMTR Rencanakan Private Placement

BMTR rencanakan private placement. Source: prospektus BMTR Mei 2024

PT Global Mediacom Tbk (BMTR) dalam waktu dekat berencana untuk melakukan aksi korporasi berupa penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu atau PMTHMETD (private placement). Rencananya BMTR akan melakukan penerbitan saham sebanyak-banyak 1.66 miliar lembar saham, dengan nominal senilai Rp100 per saham. Adapun nilai private placement BMTR ini setara 10% dari total saham yang beredar di publik. Akan tetapi private placement ini baru sekedar rencana yang dilayangkan BMTR, lantaran perusahaan akan meminta persetujuan lebih dulu kepada para pemegang saham lewat RUPSLB di 25 Juni 2024 mendatang. Private placement BMTR ini akan dilaksanakan dalam kurun waktu 2 bulan, terhitung sejak RUPSLB.

Dalam private placement ini, seluruh saham yang baru diterbitkan BMTR ini akan ditawarkan pada para pemegang saham existing dan juga pada publik.

Tujuan Dilaksanakannya Private Placement BMTR

Bukan tanpa alasan BMTR ingin melaksanakan private placement yang ditujukan untuk memperkuat struktur permodalan dan keuangan perusahaan. Dengan maksud agar perusahaan mampu meningkatkan kinerja perusahaan, sehingga dapat memberikan nilai tambah perusahaan.

Read More  Prospek Saham MEDC: Akuisisi 2 Blok Migas Oman dan Raih Kontrak Produksi Blok Coridor

Terlebih lagi saat ini, BMTR sedang fokus pada pengembangan dan juga perluasan bisnis media yang berbasis iklan dan konten. Ditambah juga dengan fokusnya pada bisnis media berbasis langganan. Yang diharapkan nantinya dapat mempertahankan posisi BMTR sebagai pemimpin dalam industri media.

Kondisi Pendapatan BMTR di Kuartal I-2024

Rincian pendapatan BMTR kuartal I-2024. Source Laporan Keuangan BMTR kuartal I-2024

Disebutkan BMTR bahwa private placement ini juga untuk mengembangkan dan memperluas bisnis media yang berbasis iklan dan konten, serta pada bisnis media berbasis langganan. Maka menjadi hal yang wajar, lantaran jika melihat pada kinerja pendapatan BMTR di kuartal I-2024, memang kinerja pendapatan bersih mengalami penurunan sekitar -9.71% YoY menjadi sebesar Rp2.88 triliun, dibandingkan periode kuartal I-2023 yang mencapai Rp3.19 triliun.

Penurunan tersebut terjadi karena baik bisnis media berbasis iklan dan konten maupun bisnis media berbasis langganan sama-sama mengalami penurunan. Tercatat untuk bisnis media berbasis iklan dan konten mengalami penurunan terbesar pada segmen Non Digital sekitar -23.84% YoY, menjadi Rp1.15 triliun dari sebelumnya sebesar Rp1.51 triliun.

Begitu juga dengan bisnis media berbasis langganan, yang mengalami penurunan pada segmen TV berbayar dan broadband sekitar -48.96% YoY menjadi Rp325.4 miliar, dari sebelumnya Rp637.6 miliar.

Hal inilah yang kemungkinan besar mendorong aksi BMTR rencanakan private placement dalam waktu dekat. Dengan asumsi pengembangan produk berhasil, maka akan mendongkrak kinerja pendapatan BMTR di kuartal berikutnya.

Bagaimana Kondisi Permodalan BMTR Kuartal I-2024?

Seperti yang disebutkan bahwa tujuan BMTR rencanakan private placement ini adalah untuk memperkuat stuktur permodalan perusahaan, sekaligus sebagai modal kerja.

Maka kali ini kita akan langsung lihat berdasarkan kondisi neraca BMTR di kuartal I-2024, seperti berikut:

Historical liabilitas dan liquidity ratio BMTR. Source: Cheat Sheet Kuartal I-2024 by RK Team

Berdasarkan laporan keuangan BMTR kuartal I-2024, perusahaan yang bergerak pada bidang bisnis media terintegrasi pada bisnis media berbasis konten dan iklan, serta bisnis media berbasis langganan. Memiliki total Liabilitas sebesar Rp7.29 triliun, dengan potensi kemampuan yang cukup untuk membayar utang-utang perusahaan. Terlihat pada table Liabilitas di atas, secara historical Liabilitas perusahaan terus mengalami penurunan konsisten setiap tahunnya.

Read More  Awas Value Trap! Rahasia Sukses Investasi dengan Value Stock

Dan jika dilihat dari sisi Liquidity Ratio yang ada di level 3.09, menunjukkan bahwa total Liabilitas jangka pendek BMTR sebesar Rp4.24 triliun, sangat dapat di atasi hanya dengan mengandalkan jumlah Aset lancar yang besarnya mencapai Rp13.13 triliun.

Historical ekuitas dan DER BMTR. Source: Cheat Sheet Kuartal I-2024 by RK Team

Sedangkan dari sisi kemampuan Ekuitas, BMTR juga masih menunjukkan tren positif di mana Ekuitas perusahaan terus bertumbuh. Tercatat di kuartal I-2024 Jumlah ekuitas yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik 2.11% YoY menjadi sebesar Rp15.91 triliun, dibandingkan periode kuartal I-2023 sebesar Rp15.58 triliun. Tentu jumlah Ekuitas tersebut lebih dari cukup untuk mengatasi jumlah Liabilitas yang dimiliki BMTR sebesar Rp7.29 triliun. Hal ini telah mencerminkan rasio DER yang rendah di level 0.46x, mengindikasikan bahwa BMTR sangat mampu menyelesaikan utang-utangnya. Tanpa perlu adanya pinjaman dari pihak lain, seperti perbankan.

Perbandingan Aset, Liabilitas dan juga Ekuitas BMTR dalam 3 tahun terakhir. Source: Laporan Keuangan BMTR 1Q2024, 1Q2023, dan 1Q2022

Adapun jika kita lihat perbandingan pertumbuhan Liabilitas, dengan Aset dan juga Ekuitas BMTR. Maka sebenarnya permodalan yang dimiliki perusahaan ini sudah terbilang mampu untuk membiayai seluruh operasionalnya.

Kesimpulan

Dari aksi korporasi BMTR rencanakan private placement memang jelas tujuannya adalah untuk lebih memperkuat kualitas permodalan yang dimiliki perusahaan saat ini.

Jika pun dilihat dari sisi efisiensi, sebenarnya tanpa melakukan private placement permodalan yang dimiliki BMTR sudah cukup mampu untuk membiayai operasionalnya.

Akan tetapi karena BMTR rencanakan private placement ini memang sudah dipertimbangkan untuk melakukan sejumlah ekspansi dan pengembangan. Maka yang dapat dilihat ke depannya adalah efisiensi perusahaan dalam menjaga pertumbuhan kinerja keuangan dan berbagai perkembangan bisnis yang membawa pada pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.

Struktur Permodalan Perseroan Sebelum dan Setelah Pelaksanaan PMTHMETD. Source: Prospektus Private Placement BMTR

Adapun jika ditarik kesimpulan atas aksi BMTR rencanakan private placement ini bisa menjadi pisau bermata dua. Meski akan menguntungkan sisi permodalan perusahaan yang menjadi lebih kuat.

Read More  BRMS Q2 2023: Laba dan Pendapatan Melonjak

Namun di lain sisi akan menimbulkan risiko dilusi atas kepemilikan saham para investor yang sudah ada, dengan porsi yang proporsional sesuai dengan jumlah saham baru yang akan diterbitkan sebanyak-banyaknya 9.09%. Efek dilusi atas private placement dapat terlihat pada keterangan data di atas.

Historical ROE BMTR. Source: Cheat Sheet Kuartal I-2024 by RK Team

Belum lagi dengan risiko ROE yang tergerus, dengan ekuitas yang tebal pasca private placement tadi dan BMTR tidak dapat memberdayagunakan modal yang ada seoptimal mungkin . Bukan tidak mungkin hal ini akan menggerus potensi ROE BMTR, sekalipun saat per artikel ini ditulis ROE nya berada di level 8% dan perusahaan tidak terbebani dengan utang. Namun jika BMTR gagal mengelola permodalan yang dipercayakan investor, maka ROE bisa menurun kedepannya.***

Ingin menguasai investasi dengan lebih baik? Bergabunglah dengan program “Value Investing Mastery” kami. Dapatkan wawasan mendalam tentang strategi investasi yang terbukti efektif. Klik gambar di bawah ini untuk bergabung sekarang!