fbpx

Analisa Saham WEHA: Growth Company At Reasonable Price

Temukan potensi investasi dengan analisis lengkap saham WEHA. Pelajari harga historis, prospek dan peluang investasinya

Sebelum ke pembahasannya jangan lupa download gratis ebook 5 saham undervalue yang sudah kami analisa dengan klik gambar dibawah ini. Sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari ebook ini dan sudah terbukti banyak orang mendapatkan keuntungan return investasi dari membaca ebook ini GRATIS.

Dalam dunia investasi, pemahaman mendalam tentang saham sangat penting. Pada artikel ini, kami akan membahas salah satu saham transportasi, yaitu saham WEHA atau White Horse. Pertama kami melihat historinya, baik histori harga saham, valuasi maupun kinerjanya.

Secara histori, harga saham WEHA pernah mencapai puncaknya pada level Rp 280an/lembar saham pada tahun 2014-2015 lalu. Per 16 November 2023, harga saham WEHA berada pada level harga Rp 165/lembar saham. Artinya masih ada potensi kenaikan harga saham WEHA dari harga sekarang, dengan catatan kinerjanya bisa sama seperti saat harga sahamnya menyentuh all time highnya atau bahkan lebih tinggi. Apabila kita lihat harga saham WEHA sejak awal tahun 2023 hingga sekarang, harga WEHA pada awal tahun 2023 berada di level harga Rp 100an/lembar saham. Pada bulan April lalu kami pernah membahas di webinar value investing mastery, pada saat itu harga saham WEHA berada di level Rp 120an/lembar saham. Hingga artikel ini ditulis, harga saham WEHA menyentuh level Rp 165/lembar saham dan masih memiliki potensi mencapai level harga Rp 280/lembar saham.

Read More  Analisa Fundamental secara mendalam Emiten “MARK” | The Investor

 

            WEHA memiliki 3 segmen bisnis, yaitu White Horse Deluxe Coach atau penyewaan bus, kemudian ada Daytrans Intercity Shuttle atau travel, dan ada Explorer Open Trip atau jasa pariwisata. Dari ketiga segmen tersebut, segmen terbesarnya ada di bus charter atau penyewaan busnya dan intercity shuttle.

Apabila kita lihat area dari WEHA ini, hampir seluruh jawa ada kantornya saat ini bisnisnya masih terkonsentrasi di Jawa.

Berbicara mengenai historinya, kinerja WEHA cukup bagus. dimana sejak tahun 2021 hingga 2022 mencatatkan pendapatan yang signifikan. Begitu juga dengan gross profitnya, yang awalnya rugi di tahun 2020 akhirnya naik 2,241% di tahun 2021 kemudian naik 150% di tahun 2022. Begitu juga dengan net profitnya, dimana pada tahun 2020 rugi 33,6 miliar, kemudian di tahun 2021 masih rugi namun ruginya turun menjadi 9,6 miliar dan pada tahun 2022 sudah mencetak laba 19.9 Miliar.

Data diatas adalah data kontribusi dari bisnis WEHA, yaitu sebesar 50% di tahun 2022 ada di intercity shuttle bisnis daytransnya. Kemudian segmen penyewaan bisnya sebesar 46% dan jasa pariwisata sebesar 4%. Secara rasio dari tahun 2020 hingga 2022 ada perbaikan, dan perbaikannya sangat bagus sehingga tahun 2022 sudah pulih dan terkonfirmasi turnaround.

Disisi penjualan bersih, WEHA membukukan kenaikan penjualan sebesar 55% dari 123 miliar menjadi 190 miliar. Sehingga laba bruto juga naik dari 50 miliar menjadi 75 miliar atau naik 51%. Disisi laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitias induk naik cukup signifikan sebesar 86% dari 11 miliar menjadi 22 miliar.

Kuartal ketiga tahun 2023 ini, penjualan WEHA masih di dominasi oleh jasa angkutan antar kota atau daytrans sebesar 104 miliar menyumbang lebih dari 50% dari total penjualan. Kemudian jasa angkutan penumpang atau penyewaan bus sebesar 78 miliar.

Read More  Kinerja ASII FY 2023 Cetak All Time High, Harga Saham Masih Tertekan Sentimen?

Kita juga perlu melihat kinerja selama 3 kuartal akhir, sejak kuartal 1 tahun 2023 hingga kuartal 3 tahun 2023. Dimana di kuartal 1 terjadi penurunan kinerja pendapatan turun 9% laba bersih turun 35%. Penurunan pada kuartal 1 tahun 2023 ini menurut kami wajar terjadi karena pariwisata juga mengalami penurunan pada saat itu. Kemudian pada kuartal 2 ada fenomena lebaran, dan ini membuat kinerja WEHA naik. Berbeda dengan kuartal 3 tahun 2023 memang menurun, namun penurunannya tidak terlalu signifikan. Sehingga bisa dikatakan kinerja pada kuartal ketiga ini stabil.

Kemudian kita lihat histori dari kinerjanya, kami memproyeksikan pada tahun 2023 pendapatan sebesar 256 miliar. Apabila proyeksi ini tercapai, maka pendapatan tahun 2023 akan menjadi pendapatan all time high sejak tahun 2013 lalu. Begitu juga dengan laba bersihnya, laba bersih kami proyeksikan menjadi 29 miliar. Artinya ini menjadi laba tertingginya, memang benar di tahun 2017 terjadi kenaikan laba bersih sebesar 48,7 miliar. Apabila kita analisa ulang, laba pada tahun 2017 ini ada laba yang dihasilkan dari penjualan asset. Penjualan asset sebesar kurang lebih 100 Miliar. Apabila kita kurangi dari penjualan asset tersebut, maka tahun 2017 WEHA masih mengalami kerugian. Sehingga pada tahun 2023 ini apabila proyeksinya tercapai maka kinerja WEHA mencapai all time high-nya, dan optimis kami, harga sahamnya bisa menyentuh all time highnya.

            Dapat disimpulkan, yang pertama kinerja WEHA masih dalam fase growth. apabila kinerjanya sesuai dengan proyeksi, laba nya naik 50% maka berpotensi ROE tertinggi sejak IPO. dan ketiga di harga Rp 170/lembar saham valuasi PBV sebesar 1,1x dan PE ratio 8x. Saat ini WEHA merupakan Growth Company At Reasonable Price.

            Investasi selalu melibatkan resiko, pastikan untuk melakukan riset lebih lanjut sebelum membuat keputusan investasi. Bergabunglah dengan Program Value Investing Mastery dengan cara klik gambar di bawah ini dan biarkan investasi Anda Tumbuh Dengan Tenang.